Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Pilih Tolak Uang Bantuan Qatar yang Sempat Diblokir Israel

Kompas.com - 25/01/2019, 11:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Uang bantuan dari Qatar yang sempat ditahan pihak Israel dikabarkan bakal segera dikirimkan ke Gaza.

Namun, kelompok Hamas, yang mengendalikan wilayah Jalur Gaza, memilih untuk tidak menerima uang bantuan tersebut, yang telah menjadi alat untuk memeras rakyat Gaza dan umpan politik menjelang pemilihan Israel.

Khalil Haya, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan pihaknya telah membahas situasi ini dengan Duta Besar Qatar, Mohammed al-Emadi.

Hamas melihat tindakan Israel dengan memblokir kemudian mengizinkan pengiriman dana bantuan sebagai upaya untuk memeras rakyat Palestina dan mempermalukan Qatar.

Baca juga: Dapat Izin Israel, Uang Bantuan Qatar Segera Dikirim ke Jalur Gaza

"Kami telah meyakinkan orang-orang dan saudara-saudara kami di Qatar bahwa kami menyambut dan menghargai peranan serta upaya mereka, baik Pangeran Tamim, Menteri Luar Negeri Abdullah Al Thani, dan Duta Besar al-Emadi," kata Haya dalam sebuah pernyataan.

"Namun rakyat kami dan Gaza tidak akan menjadi bagian dari pemerasan atau pun terlibat dalam pemilihan internal Israel," lanjutnya, seperti dilansir Middle East Eye, Kamis (2/1/2019).

Uang bantuan dari pemerintah Qatar untuk Gaza tersebut merupakan bagian dari kesepakatan gencatan senjata informal antara Hamas dengan Israel sejak November tahun lalu.

Bantuan senilai total 90 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) akan diberikan oleh pemerintah Qatar untuk membayar gaji karyawan Hamas dan juga membantu warga miskin di Gaza.

Uang bantuan tersebut diberikan setiap bulan sebesar 15 juta dollar AS (sekitar Rp 212 miliar) dan bulan ini menjadi yang ketiga.

Namun otoritas Israel, pada Rabu (23/1/2019), telah memblokir pengiriman uang bantuan dari Qatar untuk Gaza, menyusul peningkatan kekerasan sehari sebelumnya di perbatasan yang menyebabkan seorang tentara Israel terluka.

Militer Israel merespon serangan Hamas dengan mengerahkan tank-tank di dua titik di Gaza dan menewaskan seorang anggota militan.

Selain itu jet tempur dikerahkan untuk menghancurkan target yang disebut kamp kelompok Hamas di Gaza utara.

Baca juga: Israel Tahan Dana Bantuan Qatar untuk Jalur Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com