Kompas.com - 25/01/2019, 08:16 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan bakal berusaha menghentikan pendanaan bagi Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Pernyataan yang disampaikan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton itu berselang sehari setelah Maduro mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan AS.

Maduro marah setelah Washington menyatakan dukungannya terhadap pemimpin oposisi Juan Guaido yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara.

Baca juga: AS: Kami Tak Mengakui Rezim Maduro sebagai Pemerintah Sah Venezuela

Kepada awak media di Gedung Putih, Bolton mengatakan isu yang dihadapi sangat rumit. Namun pihaknya berusaha mengalihkan dana kepada Guaido.

"Fakta bahwa Venezuela berada di belahan Bumi yang sama membuat kami mempunyai tanggung jawab khusus di sana," ucapnya dikutip The Hill Kamis (24/1/2019).

BBC memberitakan, Washington berusaha melanjutkan tekanan kepada Maduro di tengah komunitas internasional yang terbelah dalam memberi dukungan.

Rusia mengecam intervensi kekuatan asing di Venezuela dengan menyatakan langkah tersebut melanggar hukum internasional dan bisa memicu pertumpahan darah.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk melangsungkan rapat darurat membahas isu Venezuela pada Sabtu (26/1/2019).

Dalam forum Organiasi Negara Amerika (OAS), Pompeo menjabarkan pemerintahan Maduro "bangkrut secara moral" dan sejak awal tidak demokratis.

Sementara Presiden Donald Trump menyatakan segala opsi untuk merespon gelombang kekacauan yang ada di Venezuela sudah tersedia di mejanya.

Halaman:
Sumber BBC,The Hill


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.