Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Al Capone, Gangster Paling Dikenal di Amerika

Kompas.com - 24/01/2019, 23:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com — Amerika di era awal 1900-an erat dengan tingkat kriminalitas tinggi dengan kelompok gangster yang menguasai bisnis ilegal.

Di antara nama-nama gangster ternama di AS, salah satu yang paling dikenal adalah Al Capone, yang selama bertahun-tahun menguasai dunia hitam di Chicago.

Pemilik nama asli Alphone Capone yang lahir pada 17 Januari 1899 di Brooklyn, New York, ini sejak muda telah akrab dengan dunia hitam dan kerasnya kehidupan jalanan di AS.

Kedua orangtua Capone adalah imigran yang datang ke Amerika Serikat dari Naples, Italia, pada 1893. Al, anak keempat dari sembilan bersaudara, lahir dan besar di Brooklyn.

Al hanya mengenyam pendidikan formal di sekolah hingga usia 14 tahun. Dia dikeluarkan saat duduk di bangku kelas enam karena memukul seorang guru.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: John Edgar Hoover, Direktur Pertama FBI

Setelahnya, dia tidak melanjutkan sekolah dan memilih bekerja sambilan. Dia mengambil kerja sambilan di mana pun dirinya diterima, mulai dari toko permen, tempat bowling, bahkan menjadi buruh di pabrik amunisi.

Bergabung dalam Gangster

Selain bekerja, Al juga menghabiskan waktunya berkumpul dengan kelompok-kelompok anak berandalan. Dia diketahui pernah bergabung dengan geng South Brooklyn Rippers dan Forty Thieves Juniors.

Aktivitas mereka selain melakukan vandalisme juga melakukan kejahatan-kejahatan ringan, sebuah hal yang umum terjadi di lingkungan New York saat itu.

Pada masa-masa itu, Capone juga bergabung dengan geng James Street Boys, yang dijalankan oleh Johny Torrio, sosok pria yang kemudian akan menjadi mentor seumur hidupnya.

Saat usia 16 tahun, atas rekomendasi Torrio, Al bergabung dengan kelompok Five Points dan bekerja untuk calon mafia, Francesco Yale, yang juga rekan Torrio.

Al bekerja sebagai bartender di sebuah rumah bordil yang dikelola Yale di Harvard Inn.

Saat bekerja di Harvard Inn, Al berselisih dengan seorang berandalan muda bernama Frank Galluccio, yang kemudian melukai pipi kirinya menggunakan pisau cukur lipat.

Luka itu membekas dan membuat Al memiliki julukan "Scarface" atau "Si Muka Parut".

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Augusto Pinochet, Presiden dan Diktator Chile

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com