Kompas.com - 24/01/2019, 21:54 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Bank terbesar Jerman, Deutsche Bank, menghadapi penyelidikan di dua komisi DPR Amerika Serikat soal hubungan bisnisnya dengan Presiden Donald Trump. 

Dalam keterangan pers yang dirilis Kamis (24/1), Deutsche Bank menyatakan, mereka siap bekerja sama sepenuhnya dengan komisi di DPR AS.

"Deutsche Bank telah menerima pemanggilan penyelidikan dari Komisi Keuangan dan Komisi Intelijen DPR AS," demikian pernyataan resmi Deutsche Bank.

Baca juga: Mengenal Juan Guaido, Pemimpin Oposisi Venezuela yang Didukung Trump

Manajemen Deutsche Bank mengaku terlibat dalam pembicaraan yang produktif menentukan cara terbaik dan paling tepat guna membantu komisi DPR AS.

Sejak DPR AS dikuasai kubu Partai Demokrat melalui pemilu paruh waktu 6 November 2018, komisi-komisi DPR makin mendalami seluk-beluk jaringan bisnis Trump, menyelidiki jika terjadi penyimpangan atau pelanggaran hukum.

Trump sering dikritik terkait konflik kepentingan antara jabatannya sebagai Presiden AS dan kegiatan jaringan bisnisnya.

Seperti diketahui, jaringan bisnisnya meliputi usaha perhotelan, lapangan golf dan sebagainya. Trump sebelumnya mengklaim sudah mengundurkan diri dari kegiatan bisnisnya.

Menurut sebuah laporan keuangan pada 2018, Trump sedikitnya memiliki utang 130 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun kepada Deutsche Bank Trust Company Americas, anak perusahaan Deutsche Bank.

Dana itu digunakan untuk bisnis properti, termasuk hotel Trump di bekas gedung kantor pos di Washington DC.

Penolakan Deutsche Bank

Komisi Keuangan yang diketuai oleh Maxine Waters dari kubu Partai Demokrat memiliki kewenangan terluas untuk menyelidiki hubungan Trump dengan Deutsche Bank.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.