Kompas.com - 24/01/2019, 12:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) merespon pengumuman Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang memutuskan hubungan diplomatik.

Dalam rilis resminya seperti dilansir AFP Kamis (24/1/2019), Kemenlu AS menyatakan mereka tidak mengakui Maduro dan rezimnya sebagai pemerintah yang sah.

Baca juga: Trump Dukung Oposisi Venezuela, Presiden Maduro Usir Diplomat AS

"Karena itu, Maduro tak punya otoritas legal untuk memutus hubungan diplomatik atau mendeklarasikan diplomat kami persona non grata," terang kemenlu.

Sebaliknya, kemenlu menuturkan Washington menyambut baik pemimpin oposisi Juan Guaido yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara Venezuela.

"Amerika Serikat berpihak kepada Penjabat Presiden Juan Guaido yang dipilih rakyat Venezuela untuk mengembalikan konstitusi mereka," ujar kemenlu.

Washington siap memberikan bantuan kepada Guaido yang bakal membentuk pemerintahan transisi, di mana salah satunya menentukan status diplomat AS di sana.

Sementara Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam kicauan di Twitter menuturkan bakal membina hubungan diplomatik dengan Venezuela melalui Guaido.

"AS tak mengakui rezim Maduro. AS juga tak mengakui kekuasaan Maduro untuk memutus hubungan diplomatik," terang Pompeo.

Sebelumnya, Maduro mengumumkan telah memutus hubungan diplomatik dengan AS, dan memerintahkan diplomat keluar dalam 72 jam.

Pengumuman tersebut dibuat setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan dukungannya terhadap Guaido setelah dia mendeklarasikan diri sebagai presiden.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.