Kompas.com - 24/01/2019, 11:36 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang pria Afro-Amerika di Illinois, Amerika Serikat (AS), bakal mendapat kompensasi karena kasus salah tangkap yang menimpa dirinya.

Lawrence Crosby tengah menempuh pendidikan doktoral di Universitas Northwestern pada Oktober 2015 ketika dia dibekuk oleh polisi di Evanton, pinggiran Chicago.

Pengacara Crosby Timothy Touhy dikutip BBC Rabu (23/1/2019) berkata, saat kejadian, Crosby tengah memperbaiki kerusakan di mobilnya.

Baca juga: Ditahan 15 Hari Akibat Salah Tangkap, Pria Ini Dapat Rp 50 Miliar

Seorang perempuan kulit putih yang melihatnya mengira pria yang kini berusia 25 tahun tersebut hendak mencuri mobil.

Si perempuan mengikuti Crosby yang berkendara dari asrama menuju kampus sembari menelepon polisi dan melaporkan lokasinya.

Kepada Chicago Tribune, Crosby berujar dia sudah merasa ada yang tidak beres ketika dia dihentikan oleh 4-5 mobil polisi.

Crosby keluar dari mobil dan mengangkat tangan. Dengan pistol teracung, polisi memerintahkannya untuk segera menelungkup ke tanah.

Perintah itu tidak dijalankan dengan cepat sehingga polisi langsung melaksanakan prosedur di mana Crosby mengaku dia dihajar.

Pada akhirnya, polisi mengetahui bahwa mobil itu milik Crosby sendiri. Namun, dia tetap ditahan dan dijerat dengan tuduhan tak patuh pada polisi dan menolak penahanan.

Juru bicara Kepolisian Evanton menerangkan, tindakan aparatnya yang menyerang Crosby dibenarkan karena saat itu, mereka mengira berhadapan dengan penjahat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.