Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, China akan Miliki Rudal Hipersonik yang Mampu Tenggelamkan Kapal Induk AS

Kompas.com - 23/01/2019, 21:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber UPI

BEIJING, KOMPAS.com - China disebut akan memiliki rudal balistik jarak menengah yang mampu menghancurkan dan menenggelamkan kapal induk AS pada 2020.

Dilaporkan China Times, rudal Dongfeng-17 merupakan rudal kelas menengah yang dapat menenggelamkan kapal induk AS, jika ditembakkan sebanyak delapan kali.

Jika roket tersebut dilengkapi dengan hulu ledak berpeluncur hipersonik, maka akan memiliki kemampuan menembus sistem pertahanan rudal AS maupun negara lainnya.

Chen Guangwen, pengamat militer China, mengatakan, Dongfeng-17 akan mustahil dilacak maupun dicegat menggunakan pertahanan misil Barat.

Baca juga: China Kembangkan Sistem Pertahanan yang Bisa Tangkal Rudal Hipersonik

"Jika teknologi hulu ledak hipersonik Dongfeng-ZF telah disempurnakan, senjata tersebut bisa menjadi ancaman besar bagi jaringan pertahanan rudal AS," kata Chen, dikutip United Press International.

Dongfeng-17 adalah peningkatan dari Dongfeng-16B, rudal balistik jarak dekat bertingkat. Rudal balistik tersebut pertama kali diuji coba pada akhir 2017, bertepatan dengan operasi kebebasan navigasi yang dilancarkan AS di Laut China Selatan.

Menurut media China, Dongfeng-17 memiliki kemampuan membawa hulu ledak nuklir dan mencapai sasaran di mana pun di seluruh dunia dalam waktu satu jam.

Namun laporan tersebut juga menambahkan, senjata berpeluncur hipersonik itu untuk saat ini belum dapat digunakan menargetkan AS karena peluncur berkecepatan tinggi yang akan menjadi tak bertenaga saat motor roket terlepas.

Chen mengatakan, teknologi hipersonik baru akan diluncurkan militer China pada 2020 dan akan jauh lebih unggul dibandingkan Dongfeng-21D dan Dongfeng-26, yang juga dikenal mampu mengancam kapal induk.

Laporan media China mengenai pengembangan rudal hipersonik tersebut datang di tengah hubungan Beijing dengan Washington yang merosot hingga titik terendah dalam beberapa dekade terakhir.

Baca juga: China Sukses Uji Coba Pesawat Hipersonik yang Mampu Bawa Nuklir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com