Kompas.com - 23/01/2019, 08:47 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Bentrokan dilaporkan terjadi di ibu kota Venezuela, Caracas, antara massa penentang Presiden Nicolas Maduro dengan polisi.

Bentrokan terjadi beberapa jam setelah 27 orang anggota Garda Nasional ditangkap karena berusaha melancarkan pemberontakan terhadap Maduro.

Dilaporkan The Guardian Selasa (22/1/2019), massa di kawasan kelas pekerja Caracas menyalakan api untuk membarikade diri mereka dari polisi.

Baca juga: Menyatakan Menentang Presiden Maduro, 27 Tentara Venezuela Ditahan

Sementara pasukan anti-huru hara menembakkan gas air mata untuk mengurai pengunjuk rasa yang memprotes harga yang naik hingga gaji kecil.

Eduardo Solano, seorang ilmuwan komputer muda yang ikut dalam aksi demonstrasi mengatakan, kondisi di Venezuela sudah tak tertahankan.

"Tidak masalah jika Anda mendapat dollar Amerika Serikat (AS) atau bolivar karena semuanya tak cukup untuk hidup," keluhnya.

Dia bersama demonstran lain harus bubar saat tengah malam setelah anggota geng yang loyal kepada pemerintah, dikenal sebagai colectivos, datang dan menembak di udara.

Dilaporkan organisasi pengawas lokal, Garda Nasional menempatkan tank untuk menangkal aksi serupa di El Valle meski belum ada keterangan resmi.

Upaya pemberontakan yang gagal dan bentrokan jalanan terjadi jelang pawai oposisi melawan Maduro yang bakal digelar Rabu (23/1/2019).

Venezuela yang dikenal sebagai negara kaya minyak dihantam krisis ekonomi dan politik, membuat hiperinflasi terjadi hingga satu juta persen pada 2018.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.