Mengenal VietJet Air, Lebih dari Sekadar "Maskapai Bikini"...

Kompas.com - 22/01/2019, 11:30 WIB
Pesawat milik maskapai VietJet yang mengalami masalah saat mendarat di Bandara Buon Ma Thout, Kamis (29/11/2018).AFP / VIETNAM NEWS AGENCY Pesawat milik maskapai VietJet yang mengalami masalah saat mendarat di Bandara Buon Ma Thout, Kamis (29/11/2018).

KOMPAS.com - Sejak dikabarkan akan membuka rute penerbangan ke Indonesia, nama maskapai asal Vietnam, VietJet Air, banyak diperbincangakan.

Bukan hanya karena rute baru Ho Chi Minh-Denpasar dan Ho Chi Minh-Jakarta yang dibicarakan, penampilan para awak kabin yang terkenal hanya mengenakan bikini pun menjadi salah satu yang banyak mengundang perhatian masyarakat.

Namun, ada baiknya kita mengenal VietJet sebelum mengudara di Indonesia.

Berikut ini beberapa hal terkait maskapai berwarna merah ini:


Terbang perdana 2011

VietJet Air kali pertama meluncurkan layanannya dengan melakukan penerbangan pada 24 Desember 2011.

Penerbangan itu masih berupa penerbangan domestik dengan rute Ho Chi Minh City ke Hanoi.

Hingga saat ini, VietJet Air sudah memliki lebih dari 30 rute penerbangan regional meliputi penerbangan ke Thailand, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, China, Jepang, Hong Kong, dan Myanmar.

Bahkan, pada Maret mendatang Indonesia akan masuk dalam daftar tujuan penerbangan maskapai milik Nguyen Tanh Ha.

Baca juga: Maskapai Vietnam, VietJet Air Terbang ke Indonesia Mulai Mei 2019

Penerbangan LCC

VietJet Air merupakan maskapai berbasis low cost carrier (LCC) atau berbiaya murah. Tidak sembarang LCC, VietJet Air pernah menyabet sejumlah penghargaan di kancah internasional.

Penghargaan itu misalnya "The Best Asian Low Cost Carrier" pada TTG Travel Awards 2015 dan "The most favourite carrier in Vietnam" dari Economic Times.

Jenis pesawat

Terdapat dua jenis pesawat Airbus yang digunakan VietJet, yakni A320s dan A321s. Untuk jenis pesawat yang akan digunakan di penerbangan ke Denpasar dan Jakarta adalah Airbus 321 terbaru berkapasitas 226 penumpang.

Namun secara umum, semuanya masih tergolong pesawat baru dengan rata-rata usia pemakaian 3,3 tahun.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X