Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Berlalu, Balita yang Jatuh ke Sumur Masih Sulit Ditemukan

Kompas.com - 21/01/2019, 16:21 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

MADRID, KOMPAS.com - Upaya pencarian bocah laki-laki usia dua tahun yang jatuh ke sumur di Spanyol bagian selatan menunjukkan kemajuan yang sedikit.

AFP mengabarkan pada Minggu (20/1/2019), sudah sepekan berlalu sejak Julen Rosello jatuh ke sumur pada 13 Januari lalu.

Balita tersebut jatuh ke sumur saat sedang bermain ketika orangtuanya mempersiapkan keperluan piknik.

Lokasi sumur itu berada di wilayah berbatu dengan kedalaman lebih dari 100 meter yang sempit di dekat kota Totalan.

Baca juga: 3 Hari Berlalu, Balita di Spanyol yang Jatuh ke Sumur Belum Ditemukan

Sumur mengalami longsor berkali-kali sehingga para petugas mulai beralih pada upaya pengeboran poros vertikal yang sejajar dengan sumur.

Ketika pengeboran telah mencapai kedalaman 60 meter, tim yang terdiri dari 8 penambang ahli akan diturunkan untuk menggali terowongan horizontal ke lokasi yang diyakini tempat balita itu berada.

Namun upaya tersebut melambat karena penggalian terhalang granit keras.

"Kami terus bekerja dengan intens, tanpa henti, dan kami berharap dapat mencapai tujuan yang kami inginkan segera," kata petugas ahli Angel Garcia Vidal.

Sebelumnya, kantong permen yang dibawa Julen berhasil ditemukan, begitu pula dengan rambutnya. Uji DNA membuktikan bahwa bocah tersebut memang berada di dalam sumur.

"Secara profesional, kami meyakini apa yang kami lalukan dan kami semua berjuang untuk menemukan dia dalam keadaan hidup," ucap kepala layanan perlindungan sipil provinsi Malaga, Rafael Galvez.

Meski demikian, parah ahli menyebut hanya kemungkinan kecil Julen dapat ditemukan selamat karena cuaca dingin akan menurunkan metabolisme tubuh.

Orangtua Julen begitu merasakan kesedihan amat dalam, terutama karena mereka pernah kehilangan anak pada 2017. Bocah berusia tiga tahun itu memiliki masalah jantung.

Baca juga: Semua Orang di Sebuah Desa di Spanyol Menang Lotre, kecuali Pria Ini

"Saya percaya pada Tuhan. Tapi maaf harus bilang seperti ini, tapi Dia telah sangat tidak adil pada kami," ucap nenek Julen, Maria Carmen.

Kasus anak jatuh ke sumur pernah terjadi sebelumnya, Alfredo Rampi asal Italia ditemukan tewas di dalam sebuah sumur dekat Roma pada 1981.

Sementara itu, bocah perempuan usia 18 bulan, Jessica McClure, berhasil diselamatkan dari sumur di Texas pada Oktober 1987, setelah dia terjebak di sana selama dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com