Kompas.com - 21/01/2019, 13:03 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik pasukan dari Suriah bisa meningkatkan risiko bagi militer sendiri.

Pernyataan itu diucapkan mantan utusan bagi koalisi pimpinan AS Brett McGurk, dalam wawancara dengan CBS Face The Nation, dikutip AFP Senin (21/1/2019).

McGurk mengundurkan diri pada tak lama setelah Trump mengumumkan keputusan penarikan pasukan itu melalui video pendek di Facebook.

Baca juga: Serangan Bom Bunuh Diri ISIS Tewaskan 15 Orang di Utara Suriah

Wawancara McGurk terjadi setelah bom bunuh diri yang terjadi di Manbij, kawasan utara Suriah, pada Rabu pekan lalu (16/1/2019).

Serangan yang diklaim oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu menewaskan empat orang warga AS dan 15 orang yang lain.

Bom bunuh diri itu menjadi serangan paling mematikan yang diterima pasukan AS sejak mereka dikerahkan di Suriah untuk membantu menumpas ISIS.

McGurk berkata, instruksi yang diberikan Trump sudah jelas. Yakni memerintahkan penarikan total 2.000 pasukan AS dari Suriah.

"Itu berarti pasukan kami hanya punya satu misi: untuk segera keluar, dan mereka harus selamat ketika melaksanakannya," paparnya.

Diplomat berusia 45 tahun itu menjelaskan saat ini, Washington tidak mempunyai rencana langkah selanjutnya setelah pasukan dikeluarkan dari Suriah.

"Tanpa rencana, berarti pasukan kami bakal segera rentan. Meningkatkan risiko bagi personal di lapangan, dan meningkatkan ruang bagi ISIS," lanjutnya.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.