Kompas.com - 21/01/2019, 12:35 WIB

KOMPAS.com - Kapal umumnya membutuhkan bahan bakar fosil untuk menggerakkan turbin dan mesin, sehingga mampu berjalan sesuai arahan kapten kapal.

Namun, ada sesuatu yang unik, ketika kapal didesain mampu berjalan tanpa harus berhenti untuk mengisi bahan bakar.

Ini terjadi saat Perang Dingin bergejolak, ketika beberapa negara mulai berinovasi mengembangkan alat transportasi terbaik.

Ketika teknologi nuklir dikembangkan, Amerika Serikat mencoba mengaplikasikannya ke dalam teknologi kapal. Tujuannya, agar kapalnya bergerak bebas tanpa harus berhenti karena kehabisan bahan bakar.

Hari ini 65 tahun yang lalu, tepatnya 21 Januari 1954 AS berhasil mewujudkan rencananya. Mereka berhasil mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir. Langkah ini mampu mengungguli Soviet yang ketika itu sedang gencar-gancarnya mengembangkan nuklir.

Kapal itu diluncurkan di Groton, Connecticut AS oleh Mamie Eisenhower, Ibu Negara AS ketika itu.

Dilansir dari thoughtco.com, kapal selam bernama USS Nautilus (SSN-571) tercatat sebagai kapal selam bertenaga nuklir pertama dunia.

USS Nautilus membuat terobosan baru dalam dunia perkapalan (terutama kapal selam) dari segi desain dan teknologinya. Capaian AS ini mampu menjadi contoh dunia kapal selam masa depan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Kapal Induk Pertama Dunia Mulai Beroperasi

Pembangunan

Keberhasilan pembangunan USS Nautilus menjadi catatan berharga AS ketika Perang Dingin bergejolak. Aktor di belakang pembuatan kapal ini adalah ilmuwan dan insinyur dari Angkatan Laut dari Komisi Energi Atom di bawah kepemimpinan Kapten Hyman G Rickover.

Pembangunan dimulai ketika Kongres AS mengesahkan rencana itu pada 1951, yakni membuat kapal selam nuklir pertama dunia.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.