Kompas.com - 18/01/2019, 17:33 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura menyatakan berniat membeli jet tempur F-35 untuk menggantikan F-16 yang sudah mulai menua.

Pengumuman itu disampaikan Kementerian Pertahanan setelah evaluasi dari Angkatan Udara (RSAF) dan Badan Sains dan Teknologi Pertahanan.

Baca juga: Imbangi China, Jepang Bakal Beli 147 Jet Tempur F-35 AS

Diwartakan kantor berita AFP Jumat (18/1/2019), Kemenhan Singapura (MINDEF) menyatakan jet tempur F-16 bakal pensiun pada 2030 mendatang.

"Jet tempur gabungan (JSF) F-35 dipandang sebagai pengganti yang sepadan untuk mempertahankan kemampuan RSAF," demikian pernyataan kemenhan.

MINDEF menjelaskan, dari hasil evaluasi teknis diketahui RSAF bakal membeli sejumlah kecil F-35 sebagai bahan pertimbangan kemampuan pesawat itu.

Nantinya, MINDEF bakal mendiskusikannya secara mendetil dengan Amerika Serikat (AS) selaku produsen F-35 sebelum mengonfirmasi pembelian.

"Nantinya, pembelian kecil itu bakal memberikan evaluasi menyeluruh apakah kami harus membeli satu skuadron," tutur MINDEF dikutip Channel News Asia.

Menteri Pertahanan Ng Eng Hen dalam unggahan di Facebook berkata, fase pertimbangan hingga pembelian itu bisa memakan waktu 12 bulan.

Pertimbangan itu meliputi harga, kuantitas, dan varian jet tempur yang bisa dibeli. Termasuk isu seperti logistik maupun pelatihan para pilot.

"Dibutuhkan lebih dari lima tahun untuk memutuskan jet tempur mana yang harus mereka beli secara menimbang spesifikasi dan kebutuhan tempur," papar Ng.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.