Kompas.com - 18/01/2019, 16:42 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Vietnam menyatakan siap menjadi tuan rumah jilid dua Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Pejabat tinggi Korut Kim Yong Chol, sering disebut Tangan Kanan Kim, bakal bertemu Trump di Gedung Putih untuk membahas rencana pertemuan kedua.

Baca juga: Orang Nomor Dua Korut Bawa Surat Lain Kim Jong Un kepada Trump

Ronde kedua negosiasi itu terjadi setelah kedua pemimpin itu bertemu untuk kali perttama di Singapura pada 12 Juni 2018.

Vietnam dirumorkan menjadi kandidat tuan rumah dengan ibu kota Hanoi atau kota di pesisir pantai Danang menjadi calon penyelenggara.

Pada Kamis (17/1/2019), Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc menyatakan mereka siap jika diminta untuk menjadi penyelenggara pertemuan tersebut.

Dalam wawancara dengan Bloomberg dikutip AFP Jumat (18/1/2019), Nguyen mengaku belum ada keputusan final jika negaranya bakal menjadi tuan rumah.

"Namun jika benar kami menjadi tuan rumah, maka kami bakal mengerahkan usaha terbaik kami untuk memfasilitasi pertemuan," kata Nguyen.

"Vietnam bekerja sama baik dengan AS dalam perkembangan ekonomi maupun hubungan dagang. Sama halnya di tempat lain," imbuhnya.

Seorang pejabat anonim kepada AFP menuturkan mereka sudah mempersiapkan logistik untuk agenda pertemuan meski keputusan belum diketok.

"Banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan. Tidak hanya untuk Danang, namun juga lokasi lain. Vietnam siap menjadi tuan rumah. Namun bukan kami yang memutuskan," ujar sumber itu.

Vietnam menjalin hubungan baik dengan Washington maupun Pyongyang, dan sebelumnya pernah menjadi tuan rumah event skala global.

Tahun lalu, mereka menggelar forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Danang tahun lalu, dan dihadiri pemimpin dunia termasuk Trump.

Adapun Trump telah mengatakan dia siap bertemu kembali dengan Kim setelah di Singapura dan menghasilkan kesepakatan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Baca juga: Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Cerita Buntunya Perundingan dengan AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.