Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Kedua Kim Jong Un dan Trump

Kompas.com - 18/01/2019, 16:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

HANOI, KOMPAS.com - Vietnam menyatakan siap menjadi tuan rumah jilid dua Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Pejabat tinggi Korut Kim Yong Chol, sering disebut Tangan Kanan Kim, bakal bertemu Trump di Gedung Putih untuk membahas rencana pertemuan kedua.

Baca juga: Orang Nomor Dua Korut Bawa Surat Lain Kim Jong Un kepada Trump

Ronde kedua negosiasi itu terjadi setelah kedua pemimpin itu bertemu untuk kali perttama di Singapura pada 12 Juni 2018.

Vietnam dirumorkan menjadi kandidat tuan rumah dengan ibu kota Hanoi atau kota di pesisir pantai Danang menjadi calon penyelenggara.

Pada Kamis (17/1/2019), Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc menyatakan mereka siap jika diminta untuk menjadi penyelenggara pertemuan tersebut.

Dalam wawancara dengan Bloomberg dikutip AFP Jumat (18/1/2019), Nguyen mengaku belum ada keputusan final jika negaranya bakal menjadi tuan rumah.

"Namun jika benar kami menjadi tuan rumah, maka kami bakal mengerahkan usaha terbaik kami untuk memfasilitasi pertemuan," kata Nguyen.

"Vietnam bekerja sama baik dengan AS dalam perkembangan ekonomi maupun hubungan dagang. Sama halnya di tempat lain," imbuhnya.

Seorang pejabat anonim kepada AFP menuturkan mereka sudah mempersiapkan logistik untuk agenda pertemuan meski keputusan belum diketok.

"Banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan. Tidak hanya untuk Danang, namun juga lokasi lain. Vietnam siap menjadi tuan rumah. Namun bukan kami yang memutuskan," ujar sumber itu.

Vietnam menjalin hubungan baik dengan Washington maupun Pyongyang, dan sebelumnya pernah menjadi tuan rumah event skala global.

Tahun lalu, mereka menggelar forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Danang tahun lalu, dan dihadiri pemimpin dunia termasuk Trump.

Adapun Trump telah mengatakan dia siap bertemu kembali dengan Kim setelah di Singapura dan menghasilkan kesepakatan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Baca juga: Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Cerita Buntunya Perundingan dengan AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com