Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eugene Ely, Pioner Lahirnya Penerbangan dari Kapal Laut

Kompas.com - 18/01/2019, 13:50 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia aviasi semakin berkembang setelah Wright Bersaudara, Orville dan Wilbur, berhasil melakukan uji coba menerbangkan pesawat.

Setelah itu, mereka mulai memproduksi pesawatnya dan menjualnya ke beberapa pihak, terutama militer untuk membantu pertahanan.

Ketika pesawat telah berhasil lepas landas dan mendarat di kapal laut pada 1911, prospek dunia aviasi lebih berkembang. Adapun, sosok pilot yang berhasil melakukan itu adalah Eugene Ely yang mampu membuat kagum dunia.

Keberhasilan lepas landas dan mendarat di kapal laut itu juga menjadi pertanda lahirnya penerbangan di jajaran angkatan laut. Setelah itu militer mulai memberanikan diri penggunaan pesawat lintas lautan.

Berikut adalah fakta menarik Eugene Burton Ely:

1. Awalnya penjual mobil

Eugene Ely sebelum mendarat di USS Pennsylvania, 18 Januari 1911airandspace Eugene Ely sebelum mendarat di USS Pennsylvania, 18 Januari 1911

Lahir pada 12 Oktober 1886 di Williamsburg, Iowa, Amerika Serikat. Setelah mendapatkan gelar sarjana teknik pada 1904 dari Iowa State University, Eugene Ely memulai karir di industri mobil sebagai penjual mobil, mekanik, dan pebalap.

Ketertarikan dalam dunia aviasi berawal dari ketika ia mempunyai keinginan untuk terbang. Ia belajar sendiri teknik penerbangan pada 1910 dan mulai menerbangkan pesawat.

Ketika itu dia meminjam pesawat dari seseorang, merusaknya, dan terpaksa untuk membelinya. Setelah itu dia memperbaiki dan belajar sendiri untuk terbang.

Keberhasilannya dalam menerbangkan pesawat pada acara penerbangan di Kanada dibicarakan banyak orang.

Hingga dirinya mendapatkan kerja sama dengan Tim Curtiss, salah satu perintis industri aviasi. Ely menjadi salah satu pentolan tim itu dan mendapatkan Aero Club of America's Pilots Certificate Number 17.

Baca juga: 18 Januari 1911, Pesawat Lepas Landas dan Mendarat di Kapal Laut Kali Pertama

2. Ikut kontes tapi gagal

Demi mendapatkan hadiah 25.000 dollar AS, Ely pernah ikut kompetisi terbang sejauh 1.609 kilometer dari Chicago menuju New York. Hal itu merupakan hal terbodoh yang dilakukannya.

Eugene Ely berangkat dari Chicago dengan penuh sukacita. Namun, setelah sepuluh menit penerbangannya ia harus melakukan pendaratan darurat karena pesawatnya mengalami masalah.

Ketika memaksa terbang lagi, pesawat yang ia kendalikan meluncur pada sebuah parit. Menjelang sore dia hampir mencapai batas luar Chicago dan kembali ke pameran terbang.

3. Bertemu Kapten Angkatan Laut AS

Eugene Ely membuat pesawat lepas landas pertama dari kapal penjelajah USS Birmingham di Hampton Roads.airandspace Eugene Ely membuat pesawat lepas landas pertama dari kapal penjelajah USS Birmingham di Hampton Roads.
Karena berpengalaman dalam berbagai pameran penerbangan di AS, ia bertemu dengan salah satu Perwira Angkatan Laut AS yang menawarkan uji coba menerbangkan dan mendaratkan pesawat di kapal laut.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com