Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2019, 09:43 WIB

TORONTO, KOMPAS.com - Rahaf Mohammed Al-qunun, gadis remaja asal Arab Saudi yang kini telah berstatus pengungsi dan mendapat suaka di Kanada dipastikan bakal ditemani penjaga keamanan setiap saat.

Disampaikan badan pengungsi yang berbasis di Toronto, Costi, Rahaf yang telah menjadi perhatian internasional karena menentang keluarganya dan mencari suaka di luar negeri, telah menerima banyak ancaman secara online.

Hal itulah yang kemudian memicu munculnya kekhawatiran atas keselamatan gadis remaja berusia 18 tahun itu. Mereka pun memastikan bahwa dia tidak akan pernah ditinggalkan sendirian.

"Sulit untuk mengatakan seberapa serius ancaman-ancaman itu. Meski begitu kami tetap menanggapinya dengan serius," ujar Mario Calla, direktur eksekutif Costi, Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Gadis Saudi yang Kabur Beberkan Kisahnya Dipukuli Ibu dan Kakak

Kisah perjuangan Rahaf dalam mendapat kebebasan telah menarik perhatian dunia, dimulai dari twitnya saat bertahan di kamar hotel bandara di Bangkok, Thailand.

Kampanye dukungan kepada Rahaf pun bermunculan di media sosial dengan tagar #SaveRahaf.

Hal ini lantas menjadi perhatian PBB, yang melalui badan pengungsinya, UNHCR, mendampingi, memberi status pengungsi, dan membantunya mendapatkan suaka dari negara ketiga.

Rahaf pun kini mendapat status pengungsi di Kanada dan kedatangannya di bandara Toronto, Sabtu (12/1/2019) lalu langsung disambut oleh Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland.

Sejak saat itu, Costi membantunya mendapatkan akomodasi jangka panjang, membuka rekening bank, mendapatkan dokumen Kanada, mendaftarkannya ke kelas bahasa Inggris, serta mengajaknya berkeliling dan belajar cara hidup di Kanada.

"Dia (Rahaf) merasa aman karena dia tahu dia berada di negara yang aman. Orang-orang (di sini) memiliki minat terbaik dan berusaha untuk membantunya. Dia telah melihat banyaknya dukungan kepadanya," kata Calla.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com