Kompas.com - 16/01/2019, 19:46 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Salah satu restoran tertua di Korea Selatan yang menyajikan menu mi dingin khas Korea Utara terancam hilang karena terkena dampak rehabilitasi kota.

Restoran Eulji Myeonok, yang dibuka pada tahun 1985 dan terkenal dengan hidangan naengmyeon atau mi dingin Korea Utara yang otentik, terancam ditutup untuk selamanya.

Restoran yang berlokasi di kawasan Euljiro, Distrik Jung, Seoul, Korea Selatan itu termasuk dalam kawasan kota yang akan direhabilitasi. Demikian diberitakan surat kabar Kyunghyang Shinmun, Selasa (15/1/2019).

Restoran tersebut didirikan oleh anak perempuan dari sebuah keluarga yang juga membuka restoran mie Korea Utara di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 1969, salah satu yang pertama di kawasan itu.

Baca juga: Santap Masakan Tiram di Restoran, Pria Ini Temukan Sebutir Mutiara

Pemilik restoran itu dan juga para pemilik usaha dan tanah di daerah tersebut, mengaku menentang rencana pembongkaran dan pembangunan kembali.

Mereka, total sebanyak 14 penggugat, telah mengajukan tuntutan terhadap kantor distrik di Seoul, menuduh pihak pemerintah kota telah melanjutkan rencana rehabilitasi meski ada masalah otorisasi.

Dilansir dari United Press International, Pemerintah Kota Seoul memiliki rencana ambisius untuk membangun gedung kantor setinggi 20 lantai dengan tujuh lantai bawah tanah yang mencakup pusat perbelanjaan di distrik tersebut.

Kawasan Euljiro, Distrik Jung di Kota Seoul, saat ini menjadi rumah bagi puluhan pelaku industri, dengan beberapa di antaranya telah mulai beroperasi sejak era pembangunan ekonomi Korsel.

Restoran Eulji Myeonok sempat menjadi pemberitaan nasional bahkan internasional saat berlangsungnya pertemuan pertama antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Saat pertemuan itu, restoran yang menyajikan menu mi dingin Korea Utara mendadak ramai dikunjungi karena mengikuti menu yang dibawa Kim dari negaranya untuk disajikan kepada Presiden Moon.

Warga Korea Selatan seperti ingin ikut merayakan pertemuan bersejarah itu dengan turut menyantap naengmyeon atau mi dingin.

Di media sosial bahkan sampai muncul tagar #PyongyangNaengmyeon yang menjadi tren di kalangan pengguna media sosial di Korsel.

Baca juga: Kunjungan Kim Jong Un ke Korsel, Mi Dingin Korut Ini Jadi Tren

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.