Kompas.com - 16/01/2019, 18:53 WIB

KOMPAS.com - Luar angkasa menjadi tempat yang sampai sekarang masih menjadi misteri. Manusia memang beberapa kali melakukan eksplorasi angkasa, namun jangkauannya terlalu luas untuk ditelusuri sepenuhnya.

Misi eksplorasi angkasa tentu saja menjadi kebanggaan bagi negara yang melakukannya. Dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet, malah berkompetisi dalam mengeksplorasi angkasa, hingga tercetuslah sebutan "Space War".

Berbagai rekor antariksa berhasil dipecahkan kedua negara, baik itu peluncuran perdana maupun pencapaian planet tertentu oleh satelit atau pesawat luar angkasa.

Namun, misi antariksa Uni Soviet terbilang lebih bervariasi ketimbang AS. Salah satunya adalah misi yang terjadi pada 16 Januari 1969, saat dua pesawat ruang angkasa Uni Soviet bertemu di orbit bumi untuk kali pertama.

Tujuannya adalah untuk melakukan pemindahan kosmonot (atau astronot, versi AS) dari satu pesawat ke pesawat lain. Ini juga menjadi kali pertama bagi kosmonot yang naik ke luar angkasa dan balik ke bumi dengan pesawat yang berbeda.

Dilansir dari Wired, dua pesawat luar angkasa tersebut adalah Soyuz 4 dan Soyuz 5. Awalnya, Soyuz 4 dilesatkan ke angkasa dari Kosmodrom Baykonur pada 14 Januari 1969 dengan Komandan Vladimir Shatalov.

Sementaa itu, Soyuz 5 terbang sehari kemudian dengan membawa tiga kosmonot yaitu Boris Volynov, Aleksei Yaliseyev dan Yevgeni Khrunov. Setelah itu mereka akhirnya bertemu pada orbit.

Baca juga: Kisah Astronot NASA Selamat dari Roket Soyuz yang Gagal Meluncur

Misi percobaan

Misi ini dalam merupakan percobaan yang akan dilakukan untuk misi selanjutnya, juga sebagai gladi resik untuk pembentukan stasiun ruang angkasa permanen.

Jika nantinya terbentuk stasiun ruang angkasa, tentu Uni Soviet harus dapat memindahkan awak pesawat ke stasiun tersebut.

Akhirnya, Soyuz 5 mampu menghubungkan dirinya dengan Soyuz 4.

Halaman:
Sumber Wired


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.