Kompas.com - 16/01/2019, 18:44 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Malaysia menegaskan tidak akan menghelat turnamen olahraga yang melibatkan atlet Israel di dalamnya.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah, sebagaimana diwartakan AFP dan Channel News Asia Rabu (16/1/2019).

Malaysia merupakan satu dari negara Muslim yang tidak mempunyai hubungan diplomatik formal dengan Israel, dan melarang orang berpaspor Israel untuk datang.

Baca juga: Presiden Palestina Sebut Israel Hambat Pembangunan di Timur Tengah

Pekan lalu, Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan perenang Israel tak dizinkan mengikuti Kejuaraan Para Renang Dunia pada Juli mendatang.

Turnamen di Sarawak itu merupakan salah satu kualifikasi sebelum mengikuti Paralimpiade di Tokyo, Jepang, pada 2020 mendatang.

"Meski kami sudah berkomitmen untuk menghelat acara itu, kami tidak akan membiarkannya (Israel)," tegas Saifuddin dalam konferensi pers.

"Kedua, Malaysia tidak akan menggelar sebuah kejuaraan olahraga dengan partisipasi atlet Israel di dalamnya," lanjut menteri 57 tahun itu.

Saifuddin menjelaskan, keputusan itu merupakan sikap pemerintah untuk menunjukkan pendirian tegas mereka mengenai isu Israel.

Saifuddin memberikan pernyataan itu setelah bertemu kelompok Muslim yang mendukung langkah itu, dan mendesak pemerintahan Mahathir mempertahankan kebijakan itu.

Komite Paralimpiade Internasional (IPC) dalam keterangan resmi mengaku kecewa dengan keputusan Kuala Lumpur yang  melarang perenang Israel.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.