Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lobster Langka Ini Ditemukan di Pasar Ikan

Kompas.com - 16/01/2019, 17:52 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber ABC News

MAINE, KOMPAS.com - Pemilik pasar ikan Seafood City Ocean di daerah Maryland, Maine, Nicholas, dikejutkan dengan temuan lobster langka berjenis calico.

Temuan ini bermula ketika Nicholas sedang memeriksa hasil tangkapan laut yang baru saja dikirim segar dari laut pada 21 Desember 2018.

"Saya belum pernah melihat lobster yang seperti ini," ujar Nicholas, dilansir dari ABC News, Rabu (15/1/2019).

Lobster calico memiliki bentuk tubuh yang indah, tidak seperti lobster pada umumnya. Hewan ini berciri-ciri memiliki cangkang berwarna kuning terang dan berbintik oranye dan hitam.

Hal menarik, menurut Lobster Institute dari Universitas Maine, orang-orang dapat menemukan eksistensi hewan ini dengan peluang satu dibanding 30 juta lobster di dunia.

Beberapa jenis lobster lain yang termasuk dalam spesies langka, seperti lobster berwarna "split" yang peluang ditemukannya satu banding 50 juta, dan lobster albino yang peluang ditemukannya satu banding 100 juta lobster.

Baca juga: Polairud Polda Jabar Amankan 9575 Bayi Lobster Senilai Rp 2 Miliar

Sementara, Nicholas memberi nama lobster calico itu Eve. Diketahui, Eve ternyata lobster betina yang saat ini dijaga Nicholas dengan penuh kasih sayang.

Nicholas tidak rela mengirimkan Eve ke restoran masakan laut. Namun, ia merencanakan akan memberikan Eve ke Akuarium Nasional di daerah Baltimore, Maryland atau Akuarium Georgia di daerah Atlanta untuk perawatan intensif.

Perlu diketahui, lobster calico menjadi hewan langka karena ia tidak bisa bertahan hidup di laut. Hewan laut ini mudah menjadi incaran predator atau pemangsa karena corak cangkang yang dimilikinya.

Oleh sebab itu, pihak pasar ikan tidak bisa melepaskan lobster calico itu ke lautan lepas, meskipun sudah ada beberapa imbauan untuk dibebaskan.

Menurut juru bicara pasar ikan, Rita Montoya, Eve diperkirakan telah berumur lima hingga tujuh tahun.

"Dengan warna-warna cerahnya, sebenarnya membuat mereka terancam di lautan. Mengejutkan bahwa ia bisa bertahan hidup sampai sejauh ini," ujar Montoya.

Montoya mengungkapkan, Eve telah begitu populer di masyarakat Maryland, sehingga Seafood City Ocean berencana untuk menulis buku anak-anak mengenai kisah Eve.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com