Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Hukum Mati Warganya, Kanada Terbitkan "Travel Warning"

Kompas.com - 15/01/2019, 19:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

OTTAWA, KOMPAS.com - Pemerintah Kanada dilaporkan merilis peringatan bagi warganya yang hendak melakukan perjalanan ke China.

Travel warning itu diberikan setelah pengadilan di kota Dalian menghukum mati seorang warga Kanada pada Senin lalu (14/1/2019).

Baca juga: Di Tengah Ketegangan Diplomatik, China Hukum Mati Warga Kanada

Dilaporkan AFP Selasa (15/1/2019), Kanada memperingatkan warganya bahwa keselamatan dan situasi keamanan di China bisa berubah dengan sedikit pemberitahuan.

"Kami memperingatkan orang yang hendak bepergian ke sana bahwa mereka berisiko menerima penegakan hukum yang sewenang-wenang," demikian pernyataan Ottawa.

Peringatan itu mendapat respon juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying yang menegaskan negaranya aman untuk dikunjungi.

"China negara yang aman selama warga negara asing mematuhi hukum yang berlaku di sini," ujar Hua dalam keterangan resmi

Selain itu, dia juga menyatakan seharusnya Kanada bisa memperingatkan warganya untuk tak menyelundupkan narkoba ke Negeri "Panda".

SCMP memberitakan, China melakukan balasan dengan mengeluarkan Travel Advisory serupa di mana mereka meminta warganya berhati-hati saat merencanakan bepergian ke Kanada.

"Masyarakat harus waspada akan risiko ditahan secara sewenang-wenang berdasarkan permintaan negara ketiga," demikian bunyi Travel Advisory itu.

Sebelumnya, Pengadilan Menengah Dalian menghukum mati kepada Robert Lloyd Schellenberg setelah terbukti menyelundupkan 222 kg methamphetamine.

Hukuman mati tersebut dijatuhkan setelah hakim menganggap hukuman 15 tahun penjara yang diberikan kepada Schellenberg terlalu ringan.

Hubungan Kanada dan China memburuk sejak Ottawa menahan petinggi Huawei Meng Wanzhou di Vancouver pada awal Desember lalu.

China kemudian mengumumkan penahanan terhadap dua warga negara Kanada dengan tuduhan telah membahayakan keamanan nasional.

Baca juga: Dituduh Politisasi Warga Kanada yang Divonis Mati, Ini Respon China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com