Kompas.com - 15/01/2019, 13:35 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban pada Selasa (15/1/2019) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom truk dahsyat di Kabul yang menghancurkan lingkungan permukiman.

Setidaknya sebanyak empat orang tewas dan 113 orang lainnya terluka dalam insiden pada Senin (14/1/2019).

AFP mengabarkan, Taliban mengirim pesan yang berisi tentang ancaman melakukan lebih banyak serangan di ibu kota.

Baca juga: Taliban: AS Harus Pergi atau Bernasib Sama seperti Uni Soviet

Gertakan itu sebagai tanggapan atas penunjukkan mantan pemimpin intelijen dan veteran anti-Taliban, Amurallah Saleh, sebagai Menteri Dalam Negeri Afghanistan.

Ledakan pada Senin malam terjadi di dekat kompleks asing yang dijaga ketat.

Peristiwa tersebut juga bertepatan pada kedatangan para diplomat yang berupaya untuk mengakhiri perang 17 tahun di Afghanistan.

Ledakan juga terasa di seluruh kota, yang awlanya menyebabkan kebingungan tentang lokasi serangan itu. Jendela rumah dan toko-toko di sekitar tempat kejadian hancur.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan empat penyerang meledakkan sebuah truk berisi bahan peledak sebelum memasuki Green Village dan menewaskan banyak orang asing.

Namun, Kementerian Kesehatan Afghanistan menyatakan, sebanyak 4 orang tewas dan 113 orang luka-luka. Sebagian besar korban merupakan warga sipil Afghanistan.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish menuturkan, otoritas masih menyelidiki kemungkinan orang asing berada di antara para korban.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.