Kompas.com - 13/01/2019, 20:30 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan dijadwalkan bakal menerima kiriman dua unit pesawat tempur tipe F-35A buatan AS pada Maret mendatang.

Dua jet tempur yang akan tiba tersebut adalah bagian dari 10 unit F-35A yang akan diterima Korea Selatan pada tahun ini.

Jet tempur siluman F-35A milik Korsel, bersama dengan pilot mereka, saat ini telah ditempatan di pangkalan udara Luke di Arizona, sebuah fasilitas pelatihan yang dikhususkan untuk latihan jet tempur canggih.

"Dua unit jet pertama akan tiba bulan Maret mendatang dan akan siap diluncurkan ke medan perang pada April atau Mei," kata salah seorang pejabat militer Korea Selatan, seperti dilansir SCMP, Minggu (13/1/2019).

Baca juga: Imbangi China, Jepang Bakal Beli 147 Jet Tempur F-35 AS

Korea Selatan menjadi salah satu negara sekutu AS yang telah jet tempur siluman canggih itu, selain Jepang dan juga Australia.

Pembelian jet tempur F-35A tersebut sebagai bagian dari program peningkatan armada tempur udara Korsel yang telah diluncurkan pada 2001, namun sempat terkendala biaya dan juga masalah teknis.

Barulah pada September 2014, Seoul menyepakati perjanjian untuk membeli 40 unit jet F-35A buatan AS senilai 6,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 95 triliun.

"Dan pada akhir 2021, diharapkan seluruh 40 jet tempur F-35A tersebut sudah siap untuk dikerahkan dalam pertempuran sesuai dengan rencana," tambah pejabat militer itu.

Jet tempur F-35 buatan AS merupakan jet yang disebut-sebut memiliki kemampuan menghindari radar serta mampu melakukan serangan darat dan misi superioritas udara dengan persenjataan yang presisi.

F-35A yang dibeli Korsel adalah salah satu dari tiga varian yang dimiliki jet tempur canggih tersebut. Tipe lainnya, F-35C memiliki fungsi lepas landas dari kapal induk.

Halaman:
Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.