Kompas.com - 12/01/2019, 19:53 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Platform donasi GoFundMe mengumumkan bakal mengembalikan sumbangan yang diberikan bagi pembangunan tembok perbatasan Amerika Serikat (AS).

Sebabnya seperti dilansir CNN Sabtu (12/1/2019), kampanye donasi yang diluncurkan ternyata tidak mencapai target yang ditetapkan.

Kampanye penggalangan dana itu awalnya diluncurkan oleh Brian Kolfage, seorang veteran Angkatan Udara sekaligus motivator pada Desember lalu.

Baca juga: Trump ke Perbatasan AS-Meksiko untuk Yakinkan Pembangunan Tembok

Dia menargetkan donasi itu bisa mengumpulkan dana sebesar 1 miliar dollar AS, sekitar Rp 14 triliun, yang kemudian bakal diserahkan ke Gedung Putih.

Dengan estimasi 64 juta warga AS memilih Donald Trump, mereka seharusnya cukup membayar 80 dollar AS, atau Rp 1,1 juta, sehingga targetnya tercapai.

Namun hingga Jumat (11/1/2019), dana yang terkumpul baru 20 juta dollar, sekitar Rp 281,9 miliar. Bahkan kurang dari 10 persen target yang ditetapkan.

Dalam keterangan resminya, GoFundMe menjelaskan bahwa kampanye itu memang didesain mereka bakal mendapat sesuai target, atau tidak sama sekali.

"Si pembuka donasi dengan jelas menuliskan jika mereka tidak mencapai target, bahkan sekadar mendekati 1 miliar dollar, maka uang pendonor bakal dikembalikan," ulas GoFundMe.

Karena tidak menyentuh donasi, GoFundMe menyatakan uang dari netizen yang menjadi pendonor bakal segera dikembalikan.

Meski begitu, CNN melaporkan laman donasi itu masih bisa diakses pada Sabtu ini dengan pendonor masih bisa melakukan sumbangan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.