Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Jeff Bezos, Bos Amazon dan Orang Terkaya Dunia

Kompas.com - 11/01/2019, 22:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Jeffrey Preston Bezos, lebih dikenal sebagai Jeff Bezos, merupakan pendiri, presiden, sekaligus CEO perusahaan teknologi Amazon.

Dia merupakan pengusaha dari Amerika Serikat (AS) yang menjadi salah satu sosok dalam pertumbuhan industri e-commerce.

Di bawah komandonya, Amazon menjadi retailer terbesar di jaringan situs dunia, dan menjadi model bagi penjualan melalui internet.

Baca juga: Umumkan Cerai Lewat Twitter, Jeff Bezos Tuai Pujian

Berkat Amazon, Bezos menjadi orang terkaya dunia dengan kekayaan senilai 150 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 2.108 triliun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari pria yang juga mendirikan perusahaan dirgantara Blue Origin pada 2000 itu.

1. Masa Kecil
Bezos lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, dari pasangan Jacklyn Gise Jorgensen dan warga Chicago Ted Jorgensen.

Setelah bercerai dengan Ted, Jacklyn menikahi imigran Kuba bernama Miguel "Mike" Bezos pada April 1968, dan mengadopsi Jeff serta mengganti marganya menjadi Bezos.

Setelah Bezos menjadi remaja, keluarganya pindah ke Miami di mana dia bersekolah di SMA Miami Palmetto sambil bekerja di restoran cepat saji McDonald's.

Dia mengikuti Program Pelatihan Sains Siswa di Universitas Florida, meraih penghargaan Silver Knight pada 1982 serta Beasiswa Merit Nasional.

Pada 1986, dia lulus dari Universitas Princeton sebagai Sarjana Sains di bidang teknik listrik dan sains komputer dengan nilai rata-rata 4,2.

Setelah lulus, Bezos mendapat tawaran dari sejumlah perusahaan teknologi besar seperti Intel, Bell Labs, maupun firma konsultasi Andersen Consulting.

Dia pertama kali bekerja di Fitel, startup di bidang telekomunikasi finansial dengan tugas membuat jaringan internet bagi perdagangan internasional.

Dia kemudian berpindah pekerjaan antara lain di Bankers Trust, hingga perusahaan investasi DE Shaw & Co yang baru didirikan pada 1990.

Baca juga: Istirahat Cukup, Rahasia Sukses ala Jeff Bezos

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com