Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Televisi Lokal AS Tayangkan Rekaman Pidato Trump yang Direkayasa

Kompas.com - 11/01/2019, 19:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SEATTLE, KOMPAS.com - Sebuah stasiun televisi lokal AS secara tidak sengaja telah menyiarkan sebuah rekaman yang telah direkayasa dari pidato Presiden Donald Trump.

Stasiun televisi Q13 di Kota Seattle, negara bagian Washington, yang masih berafiliasi dengan Fox News, menyiarkan rekaman pidato Trump tentang imigrasi yang disampaikan dari Ruang Oval pada Selasa (8/1/2019) malam.

Namun rekaman tersebut tampaknya telah diubah dari yang seharusnya. Situs MyNorthwest.com menampilkan video yang menunjukkan perbedaan rekaman tersebut antara yang disiarkan Q13 dengan saat disiarkan langsung oleh CNN.

Dalam rekaman yang disiarkan Q13, Trump tampak seolah-olah menjulukan lidahnya beberapa saat di tengah-tengah pernyataan.

Baca juga: Pidato Trump Ini Bikin Para Pemimpin Dunia di Markas PBB Tertawa

Saat pidato, Trump berkata, "Semoga kita bisa bangkit dari politik pastisipasi demi mendukung keamanan nasional," kemudian menjilat bibirnya sebentar dan melanjutkan berbicara.

Tapi dalam siaran Q13, Trump tampak menjulurkan lidahnya lebih lama dari yang sebenarnya, sehingga seolah sedang meledek.

Selain perbedaan itu, dalam rekaman pidato yang disiarkan Q13, Trump terlihat lebih berwarna oranye.

"Ini tidak memenuhi standar editorial kami dan kami menyesal jika ini terlihat seolah menggambarkan presiden secara negatif," tulis direktur pemberitaan Q13, Erica Hill, dalam pernyataan resminya yang dirilis Kamis (10/1/2019).

Dalam pernyataan lainnya, yang dikutip The Seattle Times, Hill menyampaikan telah menggelar penyelidikan atas insiden tersebut dan pihak perusahaan telah mengambil langkah tegas dengan memberhentikan secara tidak hormat seorang editor yang bertanggung jawab.

Tidak disebutkan apakah karyawan yang dipecat adalah yang telah merekayasa rekaman tersebut atau yang mengizinkannya untuk ditayangkan.

Baca juga: Korea Utara Sebut Pidato Trump seperti Gonggongan Anjing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com