Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura dan Vietnam Jadi Kandidat Pertemuan Kedua Trump-Kim

Kompas.com - 11/01/2019, 15:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Tempat pertemuan kedua Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tengah dimatangkan.

Sumber dari Kementerian Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) menuturkan, ada dua negara di Asia Tenggara yang menjadi kandidat pertemuan jilid dua.

Baca juga: Trump: Saya Mendapat Surat Menakjubkan dari Kim Jong Un

"Dua tempat itu adalah Singapura dan Vietnam. Kemudian juga ada Hawaii," kata pejabat anonim itu dilansir Straits Times Jumat (11/1/2019).

Namun, pejabat anonim itu mengatakan kemungkinan Hawaii menjadi tuan rumah kecil karena di sana tidak ada perwakilan Korut.

Tempat pertemuan kedua Kim dan Trump menjadi perhatian setelah Presiden Korsel Moon Jae-in menuturkan agenda bersejarah itu bakal segera terjadi.

Singapura dipilih karena sudah menghelat pertemuan jilid pertama Trump-Kim pada 12 Juni 2018. Sementara Vietnam karena letak geografis yang dekat dengan Korut.

Sebabnya negara itu bisa dijangkau pesawat kenegaraan Korut, Chammae-1, yang dilaporkan mampu menjangkau tempat hingga 7.000 km.

Apalagi, Trump sebelumnya pertemuan itu bakal dihelat di "tempat yang bisa dijangkau oleh pesawat" tanpa penjelasan lebih lanjut.

Kemudian, Vietnam mempunyai kantor kedutaan besar Korut sehingga tim bisa dikerahkan untuk mempersiapkan pertemuan tersebut.

Selain itu, opsi lainnya adalah menggelar perundingan di desa terpercaya Panmunjom yang memisahkan Korut dan Korsel.

Di zona demiliterisasi itu, Kim dan Moon pertama kali menghelat pertemuan pada 27 April 2018 pasca-pidato Tahun Baru Kim (1/1/2018).

"Kami tentu sangat senang jika pertemuan itu bisa dilaksanakan di Panmunjom. Namun, peluang ke sana sangat kecil," tutur pejabat Korsel itu.

Pada Selasa (8/1/2019), CNN memberitakan tim peninjau Gedung Putih mulai melakukan survei baik di Hawaii, Hanoi, hingga ibu kota Thailand, Bangkok.

Baca juga: Trump Menantikan Pertemuan Baru dengan Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com