Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompeo Tegaskan AS Bakal Tarik Seluruh Pasukannya dari Suriah

Kompas.com - 10/01/2019, 20:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat menegaskan bakal tetap menarik seluruh pasukannya dari Suriah meski menuai kritik dari sejumlah negara.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengulang keputusan yang telah diumumkan Presiden Donald Trump pada bulan Desember lalu.

"Keputusan Presiden Trump untuk menarik pasukan AS telah dibuat. Kami tegaskan akan melakukan hal itu," kata Pompeo pada konferensi pers bersama di Kairo, Kamis (10/1/2019), didampingi Menlu Mesir Sameh Shoukry.

Pompeo tengah menjalani tur ke sejumlah negara Timur Tengah untuk membahas kekhawatiran negara-negara sekutu regional AS tentang rencana penarikan pasukan dari Suriah yang mendadak.

Baca juga: Turki Ancam Serang Kurdi jika AS Tunda Pulangkan Pasukan dari Suriah

Pernyataan Pompeo juga datang setelah ancaman dari Turki yang mengatakan bakal melancarkan operasi militer ke Suriah apabila AS menunda penarikan pasukannya.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyampaikan rencana pengerahan kekuatan militer ke Suriah telah matang dan disepakati bersama oleh pemerintah.

"Jika terjadi penundaan dengan alasan yang konyol dan tidak sesuai dengan realita, maka kami bakal segera melakukan serangan," kata Cavusoglu.

"Kami bakal memutuskan waktu yang tepat untuk mengirim pasukan dan kami tidak akan meminta izin dari siapa pun," imbuhnya.

Sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton sempat memaparkan persyaratan kondisi yang harus dipenuhi sebelum Amerika Serikat dapat menarik pasukannya dari Suriah.

Syarat-syarat tersebut termasuk kekalahan kelompok teroris ISIS di Suriah dan adanya jaminan keamanan terhadap kaum Kurdi yang menjadi sekutu Washington dalam pertempuran melawan teroris.

Banyak pihak yang kemudian memandang komentar Bolton sebagai pertanda akan ditundanya penarikan pasukan AS dari Suriah, setelah banyak pihak membantah bahwa ISIS di negara itu telah dikalahkan.

Namun Pompeo menegaskan bahwa kedua pernyataan yang disampaikan Trump maupun Bolton adalah konsisten.

"Tidak ada kontradiksi sama sekali. Itu hanya cerita yang dibuat-buat oleh media," kata Pompeo yang menggarisbawahi, AS akan tetap berkomitmen dalam mencegah kebangkitan ISIS.

Baca juga: Trump: Penarikan Pasukan AS dari Suriah akan Dilakukan secara Bijaksana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com