Kompas.com - 10/01/2019, 19:54 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com - Seorang perempuan dan dua anaknya ditemukan dalam keadaan tewas di kota terpencil Budhinanda, Nepal, Rabu pagi waktu setempat (9/1/2019).

Sky News dan BBC memberitakan Kamis (10/1/2019), dari laporan media lokal diketahui perempuan itu bernama Amba Bohora dan berusia 35 tahun.

Baca juga: MA India Cabut Larangan Perempuan Menstruasi Masuk Kuil Hindu

Bohora bersama kedua anaknya berada di pondok kecil sebagai bagian dari tradisi pengasingan karena dia mengalami menstruasi.

Pejabat Distrik Bajura Chetraj Baral menuturkan, pondok itu begitu kecil sehingga tak cukup untuk menampung tiga orang.

Bohora dan anaknya yang berusia sembilan dan 12 tahun itu diduga menyalakan api untuk menghangatkan diri karena malam yang begitu dingin.

"Kami menduga mereka tewas dalam tidur mereka karena menghirup asap," tutur Baral. Dia berkata, Bohora mengalami luka bakar di bagian kaki.

Baral menjelaskan beberapa bagian selimut sudah terbakar. Dia berujar telah memerintahkan otopsi untuk memastikan penyebab kematian.

"Jenazah ketiganya sudah kami serahkan kepada keluarga supaya mereka bisa melaksanakan ritual pemakaman sembari kami menunggu konfirmasi dari otopsi," papar Baral.

Dia melanjutkan penyelidikan dilakukan untuk mengetahui siapa orang yang memaksa Bohora melakukan tradisi yang disebut Chhaupadi itu.

Dalam tradisi itu, setiap perempuan yang mengalami haid atau baru melahirkan bakal dipaksa untuk mengasingkan diri di tempat yang jauh dari keluarga.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.