Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Terima Tawaran Kim Jong Un Kunjungi Pyongyang

Kompas.com - 10/01/2019, 14:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Presiden China dilaporkan menerima tawaran Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un untuk mengunjungi Pyongyang.

Kabar itu dihembuskan media Korut KCNA dalam pertemuan antara keduanya yang berlangsung selama satu jam di Beijing pada Selasa (8/1/2019).

Baca juga: Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Cerita Buntunya Perundingan dengan AS

"Presiden Xi menerima tawaran tersebut," ulas KCNA tanpa menjabarkan lebih lanjut, seperti diwartakan SCMP Kamis (10/1/2019).

Korut sudah berulang kali mengundang Xi untuk datang ke Pyongyang. September 2018, mereka sempat memintanya datang dalam peringatan hari nasional mereka.

Adapun Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan kunjungan Xi ke ibu kota Korea itu bakal terjadi dalam waktu "dekat".

Media China Xinhua tidak menyebutkan tentang undangan tersebut. Namun mengulas dukungan yang diberikan presiden 65 tahun itu kepada Kim.

Xi mendukung upaya yang dilakukan Kim untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea, dan peningkatan berkesinambungan hubungan dua Korea.

Selain itu, Xi juga mengomentari langkah Amerika Serikat (AS) yang masih tetap kukuh mempertahankan sanksi kepada negeri komunis.

AS menginginkan denuklirisasi bisa terjadi secara menyeluruh, secepatnya, dan terverifikasi sebelum mereka mencabut sanksi.

Sementara Korut lebih menitikberatkan kepada pendekatan bertahap yang mereka sebut sebagai "fase yang tersinkroninasi".

"China berharap baik Republik Demokratik Rakyat Korea (nama resmi Korea) dan AS bisa mendapat jalan tengah," demikian editorial Xinhua.

Kepada Xi, Kim mengakui Negeri "Panda" memiliki peran krusial dalam perkembangan geopolitik di Semenanjung Korea.

Pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu menuturkan situasi di semenanjung sudah jauh lebih dingin dalam satu tahun terakhir.

"Karena itu, kami bakal berupaya supaya pertemuan kedua dengan AS bisa terjadi, dan menghasilkan keputusan yang diterima dunia internasional," imbuhnya.

Baca juga: Kereta Kim Jong Un Tinggalkan China Setelah Jong Un Bertemu Presiden Xi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com