Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Christopher Columbus, Penjelajah Penemu Amerika...

Kompas.com - 09/01/2019, 15:03 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 9 Januari 1493, penjelajah asal Italia, Christopher Columbus melaporkan bahwa dia melihat makhluk aneh yang berada di sekitar perairan Dominika. Makhluk aneh tersebut dalam gambarannya adalah duyung, berdasarkan kisah dalam mitologi Yunani Kuno.

Pada abad itu, mitologi laut masih begitu dipercaya oleh para penjelajah samudra. Duyung dikenal sebagai makhluk setengah manusia dan setengah ikan yang dapat memperdaya manusia hingga kapalnya karam.

Namun, catatan Columbus berkata lain. Menurut dia, duyung yang dilihatnya memiliki bentuk eksotis itu adalah hewan laut yang berbadan besar. Saat ini, hewan ini dikenal sebagai manatee atau lembu laut.

Selain menemukan hal aneh semacam duyung, Columbus juga dipercaya sebagai pembuka jalan hingga ditemukannya Benua Amerika pada 1492.

Berikut fakta menarik mengenai Christoper Columbus yang perlu Anda ketahui:

1. Bukan nama asli

Pada hari ini, banyak seorang yang mengenal nama penjelajah itu dengan sebutan Christopher Columbus. Tak ada yang tahu bahwa nama aslinya adalah Cristoforo Colombo.

Nama itu berasal dari tempat dilahirkannya, yaitu Genoa, Italia.

Seiring berjalannya waktu, bahasa-bahasa lain juga mengubah namanya jadi Cristobal Colon di Spanyol dan Kristoffer Kolumbus di Swedia.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Christopher Columbus, Penemu Dunia Baru

2. Ditolak tiga negara

Selama hampir satu dekade, Columbus melobi raja-raja di Eropa untuk membiayai upayanya untuk menemukan rute perjalanan laut dari barat menuju Asia.

Portugal, Inggris, dan Perancis tak ada yang bersedia mendukung perjalanannya.

Saat itu, beberapa ahli memberitahukan para penguasa di tiga negara itu bahwa perjalanan Columbus akan memakan waktu dan biaya yang begitu mahal.

Hasilnya dugaan beberapa ahli benar, perjalanan Columbus memakan waktu yang lama.

Hingga kemudian, Kerajaan Spanyol bersedia membiayai penjelajahannya. Beruntung ia berhasil mencapai Amerika sebagai wilayah yang belum dipetakan.

3. Nama kapal yang unik

Pada abad ke-1, di berbagai negara di Eropa, kapal biasanya diberi nama yang terinspirasi dari orang suci. Namun, ada segelintir pelaut yang memberikan nama cukup nyelenah, salah satunya Columbus.

Kapal Columbus yang pertama bernama Pinta. Sementara itu, kapal lain yang bernama Santa Clara dijulukinya dengan Nina untuk menghormati pemilik sebelumnya, Jan Nino.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com