Kompas.com - 09/01/2019, 13:22 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Otoritas Malaysia menyelidiki laporan dari Wall Street Journal mengenai keterlibatan China dalam membantu mencegah penyelidikan 1MDB.

Mengutip Bloomberg, Selasa (8/1/2019), Wall Street Journal menyebutkan para pejabat senior China menawarkan bantuan kepada pemerintahan era mantan Perdana Menteri Najib Razak, dengan mengundang mereka dalam pertemuan di China pada 2016.

Mereka diklaim akan mencoba menggunakan pengaruhnya untuk membuat negara terkait, termasuk Amerika Serikat, menghentikan penyelidikan yang turut menyeret Najib dan kroni-kroninya.

Baca juga: Skandal 1MDB Akan Masuk dalam Pelajaran Sejarah Malaysia

Sebagai imbalannya, Malaysia menawarkan proyek kereta api dan pipa sebagai bagian dari Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan (Belt and Road Initiative).

Proyek itu merupakan infrastruktur utama yang berusaha menghubungkan Asia, Eropa, dan Adfrika.

AFP menyebutkan, uang curian dari 1MDB diduga dicuci melalui jaringan transaksi yang kompleks di seluruh dunia.

Negara-negara termasuk Singapura, AS, dan Swiss telah meluncurkan penyelidikan. Terlepas dari tawaran China yang dilaporkan, penyelidikan tetap berlanjut.

China juga diklaim menawarkan upaya mengganggu rumah dan kantor reporter Wall Street Journal di Hong Kong yang sedang menyelidiki 1MDB.

Tujuannya, untuk mencari tahu siapa yang menyampaikan informasi tersebut kepada mereka.

Dalam beberapa bulan, pemerintah di Kuala Lumpur menandatangani kesepakatan bernilai miliaran dolar dengan perusahaan-perusahaan negara China, yang didukung oleh dana dari bank-bank China.

Halaman:
Sumber Bloomberg,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.