Kompas.com - 09/01/2019, 08:02 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS,com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pidato nasional yang disiarkan di televisi mengenai krisis kemanusiaan dan keamanan nasional di perbatasan AS-Meksiko.

Pidato Trump ini disebut sebagai langkah untuk menekan pembangunan tembok perbatasan yang memicu perdebatan dan shutdown.

Trump sebelumnya mengatakan, bisa saja menerbitkan status "darurat nasional" yang akan mengucurkan dana Kementerian Pertahanan mengatasi perbatasan.

Baca juga: Shutdown Memasuki Pekan Ketiga, Trump: Tidak Banyak Kemajuan

Lalu, bagaimana militer AS dapat membantu membangun tembok perbatasan jika Trump mengumumkan darutat nasional:

Berapa banyak

Jika Trump mengumumkan keadaan darurat nasional, dia akan dapat memanfaatkan dana pembangunan dari Pentagon yang telah disetujui oleh Kongres untuk 2019.

Saat ini, jumlahnya mencapai sekitar 10,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 148,8 triliun.

Namun, sebagian besar dari uang itu sudah ditetapkan untuk perumahan militer, peningkatan pangkalan dan berbagai proyek lainnya.

Para pejabat Pentagon berupaya mengetahui berapa banyak uang tunai yang dimiliki dalam dana konstruksi yang tidak dapat dengan mudah dialihkan ke misi pembangunan tembok perbatasan.

Kementerian Pertahanan juga bisa membatalkan atau mengurangi proyek-proyek yang direncanakan, meskipun langkah seperti itu akan memicu kemarahan anggota parlemen AS.

Siapa yang membangunnya?

Pentagon sudah memiliki sekitar 2.350 tentara yang bertugas aktif di sepanjang perbatasan. Selain itu, sekitar 2.200 pasukan Garda Nasional untuk mendukung operasi perbatasan.

Baca juga: Trump Ancam Tutup Perbatasan Meksiko jika Tak Bisa Bangun Tembok

Halaman:
Sumber AFP


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.