Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Tutup Gerbang Perbatasan dengan Gaza yang Dikuasai Hamas

Kompas.com - 08/01/2019, 23:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir pada Selasa (8/1/2019), menutup gerbang penyeberangan di perbatasan dengan Gaza, yang dikuasai Hamas setelah ditinggalkan Otoritas Palestina.

Warga Gaza yang ingin kembali dari Mesir masih diizinkan untuk lewat, namun tidak ada satu pun yang diperbolehkan melintasi gerbang perbatasan dari wilayah kantong Palestina itu.

"Untuk saat ini disebut hanya akan berlaku selama satu hari, namun tidak jelas apakah (penutupan) akan diperpanjang," kata Wael Abu Omar, juru bicara otoritas Hamas, yang bertanggung jawab atas penyeberangan perbatasan.

Baca juga: Israel Kerahkan 60 Tank dan Kendaraan Lapis Baja ke Perbatasan Gaza

Langkah penutupan perbatasan oleh Pemerintah Mesir tersebut menyusul keputusan Otoritas Palestina, pada Minggu (6/1/2019), untuk menarik seluruh stafnya dari perbatasan Rafah.

Otoritas Palestina memutuskan menarik pekerjanya dari perbatasan setelah Hamas, kelompok yang mengendalikan Gaza, melakukan penangkapan terhadap sejumlah anggota partai Fatah, pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di wilayah kantong itu.

Setelah ditinggalkan oleh Otoritas Palestina, Hamas segera kembali memegang kendali penuh gerbang perbatasan di Rafah.

Sebelumnya, pada akhir 2107, Otoritas Palestina merebut kembali kendali atas gerbang perbatasan sebagai bagian dari kesepakatan rekonsiliasi antara Fatah dengan Hamas.

Namun kesepakatan tersebut tampaknya telah dibubarkan dan Abbas pun mengambil sejumlah tindakan terhadap Gaza.

Kelompok Hamas yang memenangkan pemilihan parlemen Palestina terakhir, pada 2006, telah memicu perselisihan dengan Fatah, yang memimpin pemerintahan.

Hamas pun mengusir pasukan Palestina dari Gaza pada tahun berikutnya dan menguasai wilayah kantong tersebut. Kedua partai pun berselisih sejak saat itu.

Hamas juga telah terlibat pertempuran dengan Israel dalam memperebutkan wilayah Gaza sebanyak tiga kali sejak 2008.

Baca juga: Israel Kerahkan Tank ke Perbatasan Jalur Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com