Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Bar Meksiko, Tujuh Orang Tewas

Kompas.com - 08/01/2019, 13:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,USA Today

PLAYA DEL CARMEN, KOMPAS.com - Sekelompok pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah bar yang penuh sesak di kota resor Meksiko.

Tujuh orang dilaporkan tewas akibat insiden kekerasan yang terjadi di bar bernama Las Virginias, di Kota Playa del Carmen, pada Minggu (6/1/2019) malam tersebut.

"Enam orang tewas di lokasi kejadian, sedangkan satu orang lainnya meninggal ketika dibawa ke rumah sakit," ujar Alberto Capella, Menteri Keamanan Publik Negara Bagian Quintana Roo, kepada stasiun televisi setempat.

Baca juga: Dua Jam Usai Ambil Sumpah, Wali Kota di Meksiko Tewas Ditembak

Menurut laporan media setempat, saat kejadian kondisi bar yang berjarak 10 menit dari pusat kawasan wisata itu dalam kondisi ramai dan penuh dengan para turis yang sedang menghabiskan libur akhir pekan.

Satu orang dilaporkan luka akibat serangan namun masih dapat menyelamatkan diri. Dia mengaku sedang minum bir bersama teman-temannya saat mendadak terdengar suara tembakan.

Para pelaku penembakan dilaporkan belum dapat diidentifikasi dan kini masih dalam penyelidikan oleh petugas berwenang.

Playa del Carmen yang berlokasi di dekat Cancun, merupakan salah satu tujuan wisata utama di Meksiko yang terkenal dengan perairan berwarna pirus dan pantai berpasir putihnya.

Namun kawasan tersebut juga tidak luput dari peningkatan kasus kekerasan yang disebabkan bertumbuhnya kartel narkoba Meksiko yang ingin menguasai daerah itu.

Capella mengatakan, insiden terakhir menjadi pukulan keras terhadap pihak berwenang oleh kartel narkoba. Petugas belum menangkap tersangka pelaku penembakan.

Meksiko telah mengalami peningkatan kasus kejahatan dan kekerasan sejak pemerintah mengerahkan kekuatan tentara untuk melawan kartel narkoba pada 2006.

Sejak saat itu, lebih dari 200.000 orang telah dilaporkan tewas, termasuk rekor 28.711 korban tewas pada 2017. Diperkirakan jumlah korban pada 2018 telah kembali meningkat.

Baca juga: Kembang Api Meledak di Gereja Meksiko, Delapan Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com