Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Foto Anak Naiki Penyu di Sabah, Otoritas Malaysia Gelar Penyelidikan

Kompas.com - 07/01/2019, 23:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOTA KINABALU, KOMPAS.com - Departemen Margasatawa Sabah telah diperintahkan untuk menyelidiki kasus foto seorang anak menaiki penyu laut yang menjadi viral.

Foto tersebut, yang menunjukkan seorang anak perempuan sedang menaiki punggung seekor penyu laut di atas kapal, telah tersebar luas di media sosial.

Dalam foto juga tampak seorang dewasa yang seolah menginjak bagian belakang tempurung penyu yang tampaknya masih hidup, sambil memegangi jaket penyelamat yang dikenakan si anak.

Wakil Ketua Menteri Sabah, Christina Liew, yang juga menjabat Menteri Lingkungan, Budaya, dan Pariwisata Sabah, menyebut penyu laut termasuk dalam satwa yang dilindungi berdasarkan undang-undang di Sabah.

Baca juga: Pemancing Temukan Penyu Mati dengan Sampah Plastik Terburai dari Perutnya

Liew menyebut tindakan yang dilakukan orang-orang dalam foto tersebut sangat tidak pantas dan tidak dapat diterima.

"Saya tidak bisa berkomentar banyak sampai penyelidikan selesai dilakukan. Apa yang bisa saya katakan saat ini, tindakan ini adalah sebuah pelanggaran," kata Liew, dilansir Channel News Asia dari Bernama, Senin (7/1/2019).

"Kami menyambut para turis untuk datang ke Sabah dan berkunjung ke banyak tempat yang indah. Namun pada saat yang sama, kami mengharap para wisatawan dapat menghormati hukum kami."

"Menangkap penyu laut, menaruhnya di atas perahu, dan menaikinya itu jelas tidak dapat diterima," tambahnya.

Ahli ekologi penyu, Rushan Rahman, menerangkan bahwa di bagian punggung dan tempurung penyu terdapat saraf yang dapat merasa sama seperti kulit manusia, dapat merasakan tekanan, sentuhan, panas, dan sebagainya.

"Ini juga berarti mereka dapat merasakan sakit jika dipukul, ditusuk, atau disayat meski pada bagian tempurungnya," kata Rahman.

Rahman yang bergabung dengan Masyarakat Herpetological Singapura menyarankan kepada warga yang bertemu makhluk laut di alam liar agar menahan diri dan tidak menyentuh mereka.

Baca juga: Jalan-jalan di Pantai, Keluarga Inggris Temukan Penyu Zombie Jumbo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com