Kompas.com - 07/01/2019, 09:56 WIB


KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dan informasi memudahkan kita untuk berkomunikasi. Walaupun berbeda negara, kita tetap bisa saling terhubung satu sama lain.

Berkembangnya jaringan telepon dan internet membantu kita untuk berkomunikasi tanpa ada jarak.

Kondisi ini tentu berbeda dengan puluhan tahun lalu, ketika komunikasi masih sulit. Teknologi menjadi kendala utama sistem komunikasi ketika itu. Akibatnya, seseorang yang berada di satu benua sulit melakukan komunikasi dengan seseorang di benua lain.

Semua itu berubah setelah penemuan radio, telegraf, bahkan telepon. Berawal dari komunikasi satu arah, akhirnya bisa berkembang menjadi dua arah secara bersamaan.

Hari ini 92 tahun yang lalu, tepatnya pada 7 Januari 1927, panggilan telepon internasional kali pertama dilakukan. Pecakapan telepon menghubungkan London di Inggris dan New York di Amerika Serikat.

Ketika itu Bell Labs (kini AT&T) melakukan komunikasi secara langsung dengan Kantor Pos Umum Inggris (BT). Percakapan dilakukan oleh Presiden Bell Labs, WS Gifford di New York dan Sir Evelyn Murray, sekretaris Kantor Pos Umum di London.

Dilansir dari The Telegraph, butuh lebih lima dekade setelah penemuan telepon pertama untuk bisa melakukan percakapan antar-benua tersebut.

Percapakan antar keduanya tercatat sebagai panggilan telepon lintas benua pertama di dunia. Setelah peristiwa itu terjadi, maka berbagai perusahaan telepon berlomba-lomba melakukan hal yang sama untuk memberikan layanannya pada komunikasi.

Baca juga: Ramalan Graham Bell Terbukti, Ramalan Kepunahan Smartphone Muncul

Pengembangan 

Sama seperti penemuan lainnya, komunikasi antar-benua menjadi sesuatu hal yang begitu ditunggu-tunggu. Hal ini terus mengalami pembaruan setelah komunikasi telegraf antar-benua pertama pada 1858.

Saat itu, Ratu Inggris Victoria mengirimkan telegram kepada Presiden AS James Buchanan melalui kabel bawah laut yang diletakkan antara Irlandia dan Newfoundland.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.