Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Turun Takhta, Sultan Muhammad V Disebut Nikahi Mantan Miss Moscow

Kompas.com - 06/01/2019, 22:55 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Raja Malaysia mengeluarkan keputusan yang disebut kali pertama dalam sejarah negara itu, yaitu turun takhta.

Sultan Muhammad V dari Kelantan memilih untuk mengundurkan diri sebagai Yang Dipertuankan Agong ke-15 pada Minggu (6/1/2019), sebelum masa kekuasaannya berakhir.

Keputusannya itu sekaligus mengakhiri berbagai spekulasi yang mencuat selama beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Sultan Muhammad V Turun Takhta sebagai Raja Malaysia

Sebelum turun takhta, dia mengambil cuti medis dan dilaporkan menikah dengan mantan ratu kecantikan Rusia berusia 25 tahun.

AFP mewartakan, keputusan pria berusia 49 tahun itu merupakan kali pertama bagi seorang raja Malaysia untuk mundur dari jabatan lima tahunnya.

Penguasa kerajaaan di Malaysia kini akan menggelar pertemuan untuk memutuskan raja berikutnya.

Malaysia merupakan negara monarki konstitusional, dengan aturan unik. Takhta akan berpindah tangan setiap lima tahun sekali di antara penguasa sembilan negara bagian Malaysia, yang dipimpin kerajaan Islam selama berabad-abad.

Sistem semacam ini telah ada sejak merdeka dari Inggris pada 1957.

Dalam foto yang beredar, nampak Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan bersanding dengan mantan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina dalam upacara pernikahan yang dilaporkan berlangsung secara rahasia.via Channel News Asia Dalam foto yang beredar, nampak Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Kelantan bersanding dengan mantan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina dalam upacara pernikahan yang dilaporkan berlangsung secara rahasia.
Kontroversi

Pejabat kerajaan di Malaysia tidak memberikan alasan mengenai langkah Sultan Muhammad V untuk mundur.

Namun, tanda tanya dan perdebatan terus beredar atas pemerintahannya sejak sang raja mengambil cuti untuk perawatan medis pada November lalu.

Laporan dari media Inggris dan Rusia menyebutkan, dia telah menikah dengan mantan Miss Moscow, Oksana Voevodina, di Rusia dalam upacara yang mewah.

Baca juga: Mahathir Menolak Berkomentar soal Isu Raja Malaysia Turun Takhta

Upacara pernikahan yang rahasia itu dilaporkan digelar pada 22 November 2018 di Barvikha, sebuah desa mewah di Moskwa yang dihuni oleh kaum elite Rusia.

Pernikahan berlangsung meriah dengan menggabungkan tradisi kedua negara dan menghidangkan makanan halal tanpa menyajikan alkohol.

Otoritas terkait di Malaysia belum mengomentari spekulasi soal pernikahan tersebut, atau memberikan rincian tentang kondisi kesehatan raja.

Seorang direktur kontes kecantikan Tatiana Andreeva mengungkapkan, pasangan itu bertemu di Eropa ketika Voevodina mempromosikan jam tangan mewah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com