Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Hampir Tak Punya Aset, Presiden Meksiko Tunjukkan Isi Dompetnya

Kompas.com - 05/01/2019, 23:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menyatakan dirinya hampir tidak memiliki aset, saat melaporkan kekayaan resminya.

Presiden yang belum lama dilantik itu bahkan menunjukkan isi dompetnya yang nyaris kosong di hadapan para jurnalis.

Sejak masa kampanye, Lopez Obrador, seorang politisi dari sayap kiri yang anti-kemapanan, secara konsisten menunjukkan langkah-langkah penghematan yang agresif dalam pemerintahannya.

Tidak hanya memutuskan untuk memangkas gajinya sendiri, Lopez Obrador juga memangkas gaji para pegawai dan pejabat pemerintah yang lebih tinggi dari dirinya.

Baca juga: Presiden Baru Meksiko Ingin Hapus Kekebalan Hukum Pemimpin Negara

Selain itu dia juga membubarkan satuan khusus pengamanan presiden dan menjual pesawat kepresidenan. Presiden Lopez Obrador juga memilih tinggal di kediaman pribadinya.

"Uang tidak pernah menjadi ketertarikan saya. Saya berjuang demi cita-cita, demi prinsip," kata presiden yang dijuluki AMLO, dari inisial namanya, dalam konferensi pers harian, pada Jumat (4/1/2019).

"Tapi saya juga ingin mengklarifikasi, agar tidak menyinggung siapa pun, bahwa tidak semua orang kaya itu jahat," tambahnya.

Dalam laporan deklarasi asetnya, presiden berusia 65 tahun itu menuliskan hanya memiliki dua rekening bang dengan hanya ada sekitar 23.000 dollar AS (sekitar Rp 327 juta) di dalamnya.

Dia juga mencantumkan tidak memiliki kartu kredit, tidak ada rekening giro, dan tidak memiliki kendaraan.

AMLO mengatakan, satu-satunya real estat yang dimilikinya adalah sebuah peternakan sederhana yang berada di Meksiko selatan, yang bahkan telah dia tandatangani menjadi milik putra-putranya.

Untuk membuktikan maksudnya, AMLO bahkan menunjukkan isi dompetnya kepada pers, yang saat itu hanya berisi uang 200 peso (sekitar Rp 146.000).

Dia juga menunjukkan dua lembar uang dollar AS yang didapatnya dari seorang pria Meksiko yang tinggal di Amerika Serikat dan disebutnya sebagai jimat keberuntungan.

Sementara istrinya, seorang jurnalis sekaligus penulis, Beatriz Gutierrez, mendeklarasikan tiga rekening bank dengan jumlah total sekitar 72.000 dollar AS (sekitar Rp 1 miliar), tiga buah kendaraan, sebuah apartemen, sebuah rumah, dan dua bidang tanah.

Namun kesederhaan dan kebijakannya yang selalu berpihak pada penghematan dalam pengeluaran negara, tidak selalu mendapat dukungan.

Baca juga: Presiden Terpilih Meksiko Pangkas Gajinya Sendiri hingga 60 Persen

Keputusannya untuk membatalkan proyek pembangunan bandara baru bernilai 13 miliar dollar AS di Mexico City yang telah dibangun sepertiga bagian, mendapat kritikan karena membuat gelisah para investor.

Kebijakannya memangkas gaji pegawai negeri juga memicu para pegawai negeri mengajukan tuntutan hukum. Bahkan bank sentral Meksiko mempertanyakan apakah tindakannya sesuai dengan konstitusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com