Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Terbitkan "Travel Warning" Terbaru ke China

Kompas.com - 04/01/2019, 17:00 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mendesak warganya yang bepergian ke China untuk meningkatkan kewaspadaan.

Peringatan ini dikeluarkan pada Kamis (3/1/2019) setelah otoritas China melakukan sejumlah penangkapan terhadap warga asing.

Sebelumnya, AS telah mengeluarkan Travel Advisory ke China pada Januari 2018. Peringatan yang terkini merupakan perbaruan dari tinjauan rutin tahunan.

Baca juga: Kanada Sebut 13 Warga Negaranya Telah Ditahan di China

Diwartakan CNN, kebijakan itu juga menyertakan peringatan tentang penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang dan adanya pembatasan khusus pada warga negara ganda AS-China.

Penduduk dengan kewarganegaraan ganda AS-China berisiko menghadapi larangan keluar dari negara pimpinan Xi Jinping itu.

"Otoritas China telah melarang warga negara AS meninggalkan China dengan memakai 'exit bans', yang terkadang membuat warga AS harus berada di China selama bertahun-tahun," demikian pernyataan Kemenlu AS.

Warga yang bepergian ke China disarankan menggunakan paspor AS dengan visa China yang valid. Mereka juga diminta untuk segera memberi tahu kedutaan besar AS jika ditahan atau ditangkap.

BBC melaporkan, larangan keluar tersebut dimanfaatkan untuk memaksa warga AS untuk berpartisipasi dalam penyelidikan oleh pemerintah China.

Selain itu, juga untuk membantu pemerintah China dalam menyelesaikan sengketa sipil guna mendukung partai-partai China.

Seperti diketahui, tiga warga AS dituduh melakukan kejahatan ekonomi dan dilarang meninggalkan China pada November lalu.

Victor dan Cynthia Lu merupakan anak dari pengusaha buronan. Bersama dengan ibu mereka, Sandra Han, mereka dilaporkan telah ditahan sejak Juli lalu.

Pengusaha yang menjadi buronan itu adalah Liu Changming. Dia diburu terkait kasus penipuan senilai 1,4 miliar dollar AS di China.

Baca juga: Meski Ada Kebijakan Dua Anak, Populasi di China Disebut Menyusut

Pada Kamis (3/1/2019), Global Affairs Canada mengungkapkan ada 13 warga Kanada yang telah ditahan China sejak 1 Desember 2018, meski 8 orang di antaranya telah dibebaskan.

Mereka yang masih ditahan termasuk mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor.

Otoritas China menyebut, penahanan kedua pria tersebut tidak terkait dengan penangkapan CFO Huawei Meng Wanzhou di Kanada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com