Kompas.com - 04/01/2019, 14:55 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Pemerintah Kanada menyebut ada 13 warga negaranya yang telah ditahan otoritas di China sejak awal Desember 2018 lalu.

Dari jumlah warga Kanada yang ditahan itu, sebanyak delapan orang di antaranya telah kembali dibebaskan.

Mereka yang ditahan termasuk mantan diplomat Michael Kovrig dan konsultan Michael Spavor yang ditangkap pada 10 Desember lalu dan dituduh melakukan kegiatan yang mengancam keamanan nasional.

Satu orang lainnya, bernama Sarah McIver, termasuk yang kembali dibebaskan dan kini sudah berada di Kanada.

Disampaikan juru bicara Kanada untuk Urusan Global, Guillaume Berube, Kamis (3/1/2019), yang telah mengkonfirmasi penahanan tersebut, jumlah orang yang ditahan itu belum termasuk yang ada di Hong Kong.

Baca juga: Petinggi Huawei Dituduh Lakukan Kesepakatan Bisnis dengan Iran

Beberapa pengamat meyakini bahwa penangkapan Kovrig, yang bekerja untuk International Crisis Group, maupun Spavor, yang kerap diajak berkonsultasi tentang hal-hal terkait Korea Utara, adalah sebagai tindakan balasan atas penahanan pejabat keuangan Huawei, Meng Wanzhou, yang menghadapi ancaman ekstradisi ke AS.

Washington telah menuntut dilakukannya ekstradisi Meng yang dituduh telah melakukan penipuan karena membantu menghindari sanksi AS terhadap Iran.

Namun Meng telah dibebaskan dari tahanan pada 12 Desember lalu usai jaminannya sebesar 10 juta dollar Kanada atau lebih dari Rp 108 miliar, dibayarkan.

Meng kini menjadi tahanan rumah dan harus mengenakan perangkat pengamanan di pergelangan kakinya selama menunggu sidang ekstradisi.

Pemerintah Kanada, melalui Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland, mengatakan telah berulang kali menuntut pembebasa terhadap Kovrig dan Sparov.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.