Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 13 Tahun yang Buron Usai Bunuh Orangtuanya Telah Ditangkap

Kompas.com - 03/01/2019, 20:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

DALI, KOMPAS.com - Seorang remaja laki-laki berusia 13 tahun yang menjadi buronan kepolisian di China karena diduga telah membunuh kedua orangtuanya, dilaporkan telah ditangkap.

Bocah yang diketahui bernama Luo Feng itu ditangkap polisi di Kota Dali, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada Rabu (2/1/2019), atau selang dua hari usai melarikan diri pada Senin (31/12/2018).

Diberitakan Thepaper.cn, Luo ditangkap di lokasi sejauh lebih dari 1.900 kilometer dari tempat tinggalnya di daerah Hengnan, Provinsi Hunan, China tengah.

Kepada polisi di Hengnan, Luo disebut telah mengakui kejahatan yang dilakukannya pada malam Tahun Baru itu.

Luo sebelumnya dituduh telah membunuh kedua orangtuanya, Luo Jichun (51) dan Tan Jinhua (45), menggunakan palu.

Baca juga: Remaja 13 Tahun Jadi Buronan Setelah Bunuh Orangtuanya Pakai Palu

Dalam pernyataan pelaku yang dikutip polisi dan dirilis melalui akun media sosial Weibo, disebutkan bahwa Lui menyerang dan membunuh kedua orangtuanya lantaran sang ibu yang menolak memberikannya uang untuk pergi ke warnet.

Kedua orangtua bocah itu telah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di kediaman mereka di Kota Santang. Demikian dikutip SCMP.

Petugas tiba di lokasi setelah mendapat laporan dari paman dan kakak perempuan Luo. Ibu Luo dan kakak perempuannya dilaporkan mengidap gangguan mental.

Berdasarkan laporan kepolisian, Luo melarikan diri dari lokasi kejadian menggunakan sepeda motor milik sang ayah. Dia kemudian menghabiskan waktu bermain game sekitar dua jam di kafe internet, sebelum memutuskan kabur ke Yunnan dengan menggunakan kereta api.

Menurut sang paman, Luo memang terobsesi bermain game sehingga orangtuanta mendaftarkannya ke sekolah asrama sekitar enam bulan lalu agar dapat mengubah kebiasaannya bermain game.

Setelah ditahan, belum diketahui langkah apa yang akan diambil untuk kasus yang menjerat Luo. Namun seorang pejabat dari biro pendidikan di Hengnan, mengatakan, kemungkinan dia akan diizinkan kembali ke sekolah.

Di bawah undang-undang di China, anak-anak berusia 14 hingga 16 tahun yang dihukum atas kejahatan serius dapat dikirim ke penjara anak dan remaja.

Sementara mereka yang berusia 13 hingga 17 tahun dengan pelanggaran ringan akan dikirim ke sekolah khusus untuk anak-anak bermasalah sebelum kemudian dikembalikan ke rumah mereka setelah sepekan.

Baca juga: Bocah 13 Tahun Berkasta Rendah Dibunuh di Hadapan Ibunya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com