Kompas.com - 03/01/2019, 11:40 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan bertemu dengan dua pimpinan oposisi dari Partai Demokrat.

Pertemuan itu untuk mencari solusi berakhirnya penutupan layanan pemerintah (shutdown) parsial yang hampir memasuki dua pekan.

Dalam pertemuan tertutup di Gedung Putih Rabu (2/1/2019), Trump berunding dengan pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer dan calon Ketua House of Representatives Nancy Pelosi.

Baca juga: Trump Undang Pimpinan Kongres AS untuk Bertemu Bahas Shutdown

Namun seperti dilansir AFP, pertemuan itu gagal menghasilkan kesepakatan yang bisa mengakhiri shutdown parsial sejak 22 Desember tersebut.

Schumer berkata, dia sudah meminta Trump untuk mendukung proposal yang diajukan Demokrat supaya shutdown bisa segera diakhiri.

"Saya bertanya langsung kepadanya. 'Tuan Presiden, beri saya satu alasan bagus mengapa Anda masih ingin shutdown ini berlangsung'," kata Schumer.

"Dan dia tidak bisa memberikan saya jawaban yang saya inginkan," terang senator dari daerah pemilihan New York tersebut.

Politisi Republik Kevin McCarthy yang bakal menjadi pemimpin minoritas di House berkata, para pemimpin dua partai bakal bertemu pada Jumat (4/1/2019).

"Keadaan ini (shutdown) tidak perlu berlangsung dalam jangka waktu yang lama," ujar McCarthy. Namun sikap berbeda ditunjukkan Trump.

Dalam pertemuan kabinet, presiden 72 tahun itu memperingatkan shutdown bisa berlangsung lama jika dia tak mendapat dana membangun tembok perbatasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.