Diprotes Saudi, Netflix Cabut Episode Komedi yang Sindir Kasus Khashoggi

Kompas.com - 02/01/2019, 17:01 WIB
Ilustrasi Netflix di smartphone.Bloomberg Ilustrasi Netflix di smartphone.

RIYADH, KOMPAS.com - Layanan tayangan berbayar, Netflix, mencabut episode komedi satire yang menyindir Arab Saudi terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Diwartakan CBS News, Rabu (2/1/2019), keputusan itu diambil usai pejabat di Saudi melayangkan komplain sehingga memicu pertanyaan soal kebebasan ekspresi secara online.

Komisi Komunikasi dan Informasi Teknologi Saudi mengatakan, episode dari acara Patriot Act with Hasan Minhaj telah melanggar hukum kejahatan siber.

Baca juga: Pelaku yang Memutilasi Jenazah Khashoggi Tinggal di Villa dengan Kolam Renang

"Kami sangat mendukung kebebasan seni di seluruh dunia dan hanya menghapus episode ini di Arab Saudi, setelah kami menerima permintaan hukum yang resmi dan untuk mematuhi hukum setempat," tulis manajemen Netflix.

Perwakilan dari Netflix menyebutkan, episode tersebut sudah tersedia di Saudi sejak Oktober 2018.

Minhaj merupakan komedian berkewarganegaraan Amerika Serikat keturunan India. Dalam salah satu episode acaranya, dia menyinggung soal kematian Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Secara khusus, dia juga mengkritik Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, dan kepemimpinan Saudi dalam militer di Yaman.

"Saudi berjuang untuk menjelaskan lenyapnya dia (Khashoggi). Mereka bilang, dia meninggalkan konsulat dengan aman," katanya di acara tersebut.

"Kemudian mereka memakai tubuh ganda untuk membuatnya tampak seperti masih hidup," ujarnya, seperti dikutip dari CNN.

"Mereka bilang, dia meninggal dalam perkelahian awal, seperti gaya Jackie Chan. Mereka menyampaikan begitu banyak penjelasan," tuturnya.

"Satu-satunya yang tidak mereka katakan adalah Khashoggi meninggal dalam kecelakaan panjat tebing bebas," kelakar sang komedian.

Baca juga: Kelompok Pemuja Setan Gugat Netflix soal Patung Dewa Kepala Kambing

Walau episode itu tidak lagi tersedia di Arab Saudi, tapi tetap dapat diakses di wilayah lain.

Sementara itu, Minhaj belum memberikan komentar terkait pencabutan salah satu episode acaranya.

Pada sebuah artikel di The Atlantic awal Desember lalu, dia mengatakan sebagai seorang Muslim, dia bergumul dengan dampak yang diperoleh usai mengomentari kasus Khashoggi.

"Ada banyak diskusi di keluarga tentang tidak melakukannya," katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X