Kompas.com - 02/01/2019, 08:05 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengundang para pimpinan Kongres baik dari Partai Republik maupun Demokrat untuk bertemu.

Trump menginginkan pertemuan itu untuk membahas solusi yang bisa mengakhiri 11 hari penutupan layanan pemerintahan AS (shutdown) secara parsial itu.

Baca juga: Trump Siap Bernegosiasi untuk Akhiri Shutdown

Diwartakan CNN Selasa (1/1/2019), termasuk dalam undangan itu adalah calon Ketua House of Representatives Nancy Pelosi.

"Perbatasan keamanan, dinding, maupun shutdown tentu bukan hal yang diinginkan Pelosi untuk memulai masa jabatan sebagai ketua. Jadi, mari membuat kesepakatan?" ujar Trump di Twitter.

Shutdown terjadi pada 22 Desember dini hari waktu setempat setelah Trump menolak menandatangani sebagian pengeluaran negara.

Penolakan presiden 72 tahun itu terjadi setelah proposal yang diajukannya untuk membangun tembok perbatasan dengan Meksiko ditolak Demokrat.

Trump menginginkan dana 5 miliar dollar AS (Rp 71,8 triliun). Sementara Demokrat hanya menyanggupi 1,3 miliar dollar AS, atau Rp 18,6 triliun).

Demokrat yang bakal menguasai House pada Kamis nanti (3/1/2019) dilaporkan telah mempunyai manuver untuk mengakhiri shutdown tanpa harus memenuhi keinginan Trump.

Mereka bakal menyiapkan paket kebijakan untuk segera mendanai Kementerian Keamanan Dalam Negeri dengan nominal 1,3 miliar dollar AS paling tidak hingga 8 Februari.

Selain itu, Demokrat juga bakal mempersiapkan proposal untuk mendanai kementerian maupun badan negara lain yang terdampak shutdown.

Halaman:
Sumber CNN,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.