Kompas.com - 31/12/2018, 19:17 WIB

KOMPAS.com - Pesta kembang api memang identik dengan perayaan tahun baru. Di berbagai negara, malam pergantian tahun memang ditandai dengan pelepasan kembang api saat waktu berganti 00.00 WIB.

Selain malam pergantian tahun, kembang api juga sering dinyalakan saat pesta kemerdekaan Amerika Serikat atau tiap 4 Juli.

Meski demikian, kembang api pertama tidak berasal dari Amerika Serikat. Sejarah mencatat bahwa kembang api ditemukan oleh bangsa China sejak 200 SM.

Konon, penemuan kembang ini dilakukan secara tidak sengaja oleh seorang koki. Saat itu, dia memasukkan sejumlah bahan ke dalam bambu yang kemudian terbakar dalam api.

Bahan yang dimasukkan itu sering ditemui di dapur seperti arang dan saltpeter, juga belerang. Saat bambu meledak, saat itu juga kembang api pertama ditemukan.

Seperti apa perjalanan kembang api? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Sejarah Kembang Api

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.