Kompas.com - 31/12/2018, 15:02 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Sebuah video yang bocor di media Turki memperlihatkan kantong plastik yang diduga berisi potongan jenazah jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Dalam video yang dilansir Al Jazeera Senin (31/12/2018), anggota tim pembunuh tiba di rumah Konsul Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, yang berjarak beberapa meter dari gedung konsulat.

Terdapat seseorang yang membawa kantong plastik besar berwarna hitam memasuki kediaman konsul jenderal, dengan kantong tersebut tak terlihat lagi setelahnya.

Baca juga: Pembunuhan Khashoggi, MBS Dianggap Lakukan Konsolidasi lewat Reshuffle

Video itu pertama kali dirilis oleh kanal televisi Turki A Haber, dengan sumbernya berasal dari Ferhat Unlu, jurnalis investigasi harian Daily Sabah.

Jurnalis Al Jazeera Sinem Koseoglu dari Istanbul melaporkan, Unlu menyatakan tidak ada bukti kantong plastik itu diambil kembali dari kediaman konsul jenderal.

Koseoglu berkata, otoritas Turki sudah melakukan penggeledahan di kediaman konsul jenderal. Namun ada satu tempat yang belum mereka jamah.

Tempat itu adalah sebuah lubang di kediaman konsul jenderal, di mana Saudi tak mengizinkan Turki melakukan penyelidikan di sana.

"Rilis video terbaru ini jelas mengubah arah penyelidikan," ujar Koseoglu. Direktur Eksekutif Arab Center Washington DC Khalil Jahshan menyebut rekaman itu sangat signifikan.

Menurut Jahshan, rekaman video itu bisa menjadi jawaban dari sebuah pertanyaan penting yang menggelayut: di mana jenazah Khashoggi berada?

"Rekaman itu meninggalkan kesan jenazah Khashoggi berada di kedimana konsul jenderal. Seharusnya penyelidik Turki fokus di sana," terang Jahshan.

Halaman:
Sumber Al Jazeera


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.