Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Alien, Ini Rahasia Misteri Ledakan Cahaya Biru di Langit New York

Kompas.com - 29/12/2018, 11:17 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

NEW YORK, KOMPAS.com - Ledakan cahaya berwarna biru yang di langit kota New York, yang begitu besar dan menyeramkan - memicu berbagai spekulasi di media sosial.

Desas-desus pun merajalela.

Ada yang melontarkan kecurigaan: apakah telah terjadi pendaratan dan invasi alien, mahluk misterius super cerdas dari planet nun jauh di luar tata surya sana.

Pengguna medsos lain, curiga bahwa buncahan cahaya yang juga tampak angker itu ada sangkut-pautnya dengan hal-hal klenik yang melibatkan makhluk halus seperti hantu, siluman, dan sebangsanya -khususnya mahluk versi alam halus barat.

Baca juga: Ledakan Bola Api di Greenland Bantu Kuak Misteri Dunia Alien

Adapun pengguna medsos berikut ini yakin bahwa itu adalah cahaya mukjizat entah dari mana, yang bisa mengubah orang jadi memiliki kekuatan super atau mengubah mereka jadi sosok superhero.

Ada pula yang menduga, Tuhan menyampaikan isyaratnya langsung melalui langit New York. Bisa jadi itu pertanda akan datangnya seorang Paus yang baru.

Boleh jadi pula itu merupakan penampakan dari apa yang digambarkan para pengkhotbah sebagai detik-detik ketika kaum beriman diangkat ke Taman Firdaus.

Akhirnya departemen kepolisian New York, NYPD, melalui akun Twitter mengklarifikasi ledakan cahaya biru itu. Mereka meyakinkan warga, bahwa cahaya ganjil tak lazim itu disebabkan oleh sesuatu yang duniawi belaka.

Musabab dari fenomena ini adalah meledaknya trafo di sebuah gardu listrik Con Edison di kawasan Astoria, di Queens, pinggiran kota metropolitan itu.

Hal ini juga ditegaskan oleh Con Edison. Mereka buru-buru menjelaskan, apa gerangan yang menjadi alasan dari hiruk-pikuk itu.

"Ada kebakaran listrik singkat di gardu listrik kami di 20th Avenue dan 32nd Streer di Astoria malam ini, yang menyebabkan penurunan transmisi di daerah tersebut," tulis pihak Con Edison.

Meski terjadi kebakaran di gardu listriknya, mereka mengatakan bahwa layanan listrik mereka tetap stabil.

Terkait hal ini, pihak Bandara setempat memperingatkan para penumpang tentang kemungkinan penundaan penerbangan.

Baca juga: Dokumen NASA Bahas Kunjungan Alien ke Bumi, Ini Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com