Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2018, 10:37 WIB

KOMPAS.com - Pada zaman dulu, kapal berfungsi sebagai alat transportasi yang digunakan untuk menyeberangi samudra. Kapal menjadi andalan bagi para penjelajah untuk mencapai wilayah yang belum pernah dijangkau sebelumnya.

Memasuki masa konflik dan perang, kapal ditingkatkan fungsinya dengan menambahkan senjata. Perkembangan sistem persenjataan kemudian mengubah kapal tak lagi menjadi alat transportasi, tapi menjadi alat perang.

Desain dan bahan kapal juga mengalami perubahan. Biasanya menggunakan dasar kayu mulai ditingkatkan karena kurangnya kekuatannya. Baja atau besi menjadi pilihan bahan dasar penggunaan untuk kapal perang.

Hari ini 158 tahun yang lalu, tepatnya pada 29 Desember 1860, kapal perang berbahan dasar besi pertama mulai beroperasi. Kapal yang bernama HMS Warrior dioperasikan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Dilansir dari BBC, HMS Warrior merupakan kapal perang berlapis baja yang ditenagai oleh mesin uap. Kapal ini dipersenjatai hampir 20 senapan yang terdiri dari beberapa kaliber.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris berharap kapal perang ini mampu menjaga daerah perbatasan dan juga sebagai pertahanan dari serangan musuh.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Kapal Induk Pertama Dunia Mulai Beroperasi

Inovasi awal

Pada dekade awal abad ke-19, Angkatan Laut Kerajaan Inggris mulai menambah tenaga uap ke banyak kapalnya dan perlahan-lahan memperkenalkan inovasi baru, yakni besi.

Sebenarnya Perancis sudah mengawali teknologi penggunaan besi dalam kapal perangnya. Namun, karena kurangnya teknologi dalam pembuatan, Perancis hanya melapiskan besi pada kapal yang terbuat dari kayu.

Ide awal berasal dari Laksamana Baldwin Walker yang bertugas di AL Inggris yang mempunyai ide mengganti kayu seluruhnya dari besi dan melebihi dominasi dari Perancis. Walker kemudian menunjuk Isaac Watts untuk merancang kapal itu.

Dilansir dari hmswarrior.org, pada November 1858, kapal itu mulai didesain sesuai dengan keinginan dari Angkatan Laut. Kapal perang berbahan besi ini akan dinamakan Warrior.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.