Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Segera Larang Penjualan Anak Anjing dan Kucing di Toko Hewan Peliharaan

Kompas.com - 25/12/2018, 23:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris akan segera melarang penjualan anak anjing dan kucing dijual di toko hewan peliharaan.

Sebuah langkah yang bertujuan menghentikan eksploitasi dan kekerasan terhadap hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing.

Undang-undang baru tersebut akan mulai diberlakukan pada tahun depan setelah mendapat dukungan hingga 95 persen dalam konsultasi publik.

"Setelah resmi diberlakukan maka siapa pun yang ingin membeli atau mengadopsi anak anjing dan kucing di bawah usia enam bulan harus langsung ke peternak atau pusat pemeliharaan hewan," kata Departemen Lingkungan Pangan dan Urusan Pedesaan (Defra) dalam pernyataannya, Minggu (23/12/2018).

Undang-undang baru tersebut diberi nama Hukum Lucy, yang ditujukan untuk mengenang seekor anjing ras Cavalier King Charles Spaniel yang diselamatkan dari sebuah peternakan anak anjing di Wales pada 2013.

Baca juga: Pemerintah Inggris Wacanakan Larangan Jual Anak Anjing dan Kucing

Anak anjing yang kemudian diberi nama Lucy itu mati pada 2016 setelah menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam kandang serta tidak dapat berkembang biak karena kurangnya ruang gerak selama dikurung.

Pemerintah mengharapkan, undang-undang baru itu akan dapat membantu mengakhiri temuan kasus anak anjing yang tidak terawat di peternakan anak anjing, serta mengatasi berbagai masalah kesejahteraan hewan yang ada.

Pemerintah Inggris juga meyakini, undang-undang baru itu akan mencegah para peternak anjing dan kucing, baik yang berlisensi maupun tidak, dari membanjiri toko-toko hewan peliharaan dengan anak-anak anjing dan kucing yang dibesarkan dalam kondisi tak layak.

Langkah pemerintah Inggris yang mengeluarkan sejumlah inisiatif kesejahteraan hewan dalam beberapa bulan terakhir ini diharapkan para aktivis dapat diikuti oleh negara-negara Eropa lainnya.

Baca juga: Anak Anjing Mati akibat Telan Heroin saat di Hutan Bersama Pemiliknya

Sebelumnya di bulan Oktober, pemerintah Inggris telah mengeluarkan larangan terhadap toko hewan peliharaan untuk menjual anak anjing dan kucing di bawah usia delapan minggu.

Selanjutnya, Defra sedang membidik aturan yang mewajibkan semua pusat penyelamatan dan penampungan hewan non-komersial untuk memiliki lisensi.

Defra juga menyerukan kepada masyarakat, khususnya orangtua untuk tidak membelikan anak hewan peliharaan sebagai hadiah Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com